Manfaat Probiotik untuk Organ Reproduksi Wanita

0
5
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Probiotik berasal dari bahasa yunani yaitu pro yang berarti promosi dan biotik yang berarti kehidupan. Probiotik adalah salah satu jenis mikroorganisme yang terdapat di dalam tubuh kita, terutama pada sistem pencernaan dan saluran kemih, yang tentunya bersifat menguntungkan tubuh.

Probiotik ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, menghindari alergi dan menjaga kesehatan saluran kemih. Selain manfaat-manfaat tersebut, ternyata probiotik juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita.

Kesehatan organ reproduksi bagi wanita adalah hal yang sangat penting. Karena dengan menjaga kesehatan organ reproduksi maka alat reproduksi akan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang vagina pada umumnya. Dengan probiotik wanita dapat meningkatkan kesehatan alat reproduksinya. Oleh karena itu sebaiknya anda rajin mengonsumsi probiotik.

Untuk mengetahui manfaat probiotik bagi alat reproduksi wanita, berikut penjelasannya:

  1. Menjaga kesehatan vagina

Menurut sebuah penelitian ilmiah dengan mengonsumsi probiotik dari minuman atau makanan yang mengandung probiotik dapat menjaga kesehatan vagina. Probiotik mampu menyerang bakteri jahat yang ada di vagina. Namun, selain mengonsumsi probiotik anda juga harus tetap menjaga kebersihan vagina dengan pembersih yang sesuai serta menjaga kebersihan celana dalam yang anda pakai.

  1. Mengobati keputihan

Bagi anda yang bermasalah dengan keputihan. Probiotik ini cukup handal untuk menyembuhkan keputihan. Probiotik dapat mengendalikan keputihan yang abnormal pada vagina.

  1. Sebagai sumber kalsium saat menstruasi

Saat menstruasi kadar zat besi dan kalsium dalam darah akan berkurang. Oleh karena itu, anda perlu mengantikannya agar darah tidak mengambil kalsium dari tulang. Salah satu caranya yaitu dengan probiotik yang anda konsumsi. Selain sebagai sumber kalsium saat menstruasi, probiotik juga mampu meredakan rasa nyeri saat menstruasi datang.

  1. Efektif melawan infeksi jamur candida albicans dan Candida vaginalis

Kedua jenis jamur ini merupakan jamur yang mudah menginfeksi vagina sehingga terjadilah keputihan. Dengan rajin mengonsumsi probiotik maka kedua jamur ini akan enggan atau tidak bisa menyerang vagina.

Itulah beberapa manfaat probiotik bagi organ reproduksi wanita. Sebenarnya untuk mengonsumsi probiotik cukup mudah yaitu dapat ditemukan dibeberapa makanan dan minuman seperti yoghurt, asinan kubis, kefir, tempe, acar, keju, kombucha atau minuman fermentasi dari teh hitam / teh hijau atau mungkin bagi anda yang menyukai makanan korea, anda bisa mendapatkan kandungan probiotik dari kimchi karena pembuatan kimchi melalui proses fermentasi sehingga terdapat probiotik di dalamnya. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY