Manfaat Protein pada Pembentukan Otot Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika memiliki tubuh atletis adalah dambaan setiap pria. Guna membentuk otot tubuh, kaum pria pada umumnya memanfaatkan latihan fitness. Namun fitness saja tidak cukup efektif dalam membentuk otot, apabila tak diimbangi dengan nutrisi atau protein bagi tubuh.

Protein sendiri berasal dari kata proteos yang berarti pertama. Protein merupakan poliamina, apabila dihidrolisis maka akan menghasilkan asam-asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. Protein sangat memiliki arti bagi tubuh manusia, apabila sedang melakukan aktivitas (Fessenden dan Joan, 1989).

Pria selalu menggambarkan tubuh ideal dengan memiliki otot yang padat, kekar, dan berisi. Lantas makanan apa saja yang mengandung protein sehingga bermanfaat bagi otot pria? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut uraiannya.

Putih telur

Telur adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak protein. Hanya saja apabila ingin membentuk otot tubuh, dianjurkan untuk mengkonsumsi putih telurnya saja. Hal itu dikarenakan putih telur mengandung lebih banyak protein dan hampir tidak memiliki kolesterol atau lemak, berbeda dengan bagian kuningnya.

Susu

Susu sudah lama dikenal memiliki kandungan vitamin dan protein. Kandungan protein pada susu sangat membantu dalam membentuk otot tubuh. Sementara kandungan mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya bermanfaat guna proses pemulihan dan perkembangan otot tubuh. Alhasil tidak hanya anak-anak yang dianjurkan untuk minum susu, orang dewasa juga perlu mengkonsumsi susu.

Ikan tuna

Ikan tuna memiliki banyak protein, vitamin D, dan zat besi. Ikan tuna juga kaya omega-3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan demikian untuk membentuk otot tubuh, pria bisa mengkonsumsi ikan tuna sebagai alternatif makanan selain telur dan susu.

Yogurt

Yogurt adalah minuman susu yang dibuat dari fregmentasi bakteri yang mengandung vitamin B6, protein, dan nutrisi. Namun jika pembaca ingin mengkonsumsi yogurt, dianjurkan untuk mencari yang original tanpa rasa atau pewarna agar terjaga kemurniannya.

Brokoli

Brokoli mengandung banyak protein, vitamin A, B-kompleks, C, E, dan K. Selain protein, vitamin E juga baik untuk perkembangan otot. Ahli gizi menyarakan dalam mengkonsumsi brokoli cukup direbus saja agar kandungan vitaminnya tidak hilang.

Dada ayam

Rupanya pada bagian tubuh ayam memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Untuk membentuk otot tubuh, sebaiknya mengkonsumsi bagian dada ayam karena lebih banyak mengandung protein.

Daging sapi

Selain daging ayam yang dipercaya dapat membantu pembentukan otot, daging sapi juga memiliki banyak protein yang dapat membantu pembentukan tubuh. Daging sapi mengandung vitamin A, E, omega3,  serta kandungan lemak jenuhnya tak terlalu tinggi.

Daging rusa dan kerbau

Daging rusa dan kerbau juga mengandung banyak protein, fosfor, vitamin B, zat besi, dan zinc. Nutrisi tersebut dapat menjadi sumber makanan guna membentuk otot tubuh pria. (APt)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY