Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jantung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Jantung merupakan satu otot tunggal terdiri dari lapisan endothelium berukuran sekitar sebesar kepalan tangan yang berada di dalam rongga dada.

Saat berpuasa terjadi peningkatan High Density Lipoprotein (HDL) dan apoprotein alfa1 yang berdampak baik bagi jantung serta penurunan Low Density Lipoprotein (LDL) yang tidak baik bagi pembuluh darah.

Puasa sebulan penuh berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin, dan glisemia. Pengaruh ini berperan bagi peningkatan kesehatan manusia.

Keadaan psikologis tenang dan tidak dipenuhi amarah saat puasa dapat menurunkan adrenalin. Terjadi peningkatan sebesar 20-30 kali lipat saat marah. Adrenalin akan memperkecil kontraksi otot enpedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pembuluh darah korones, meningkatkan tekanan darah arterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung.

Adrenalin menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.

Kolesterol total tubuh mengalami kenaikan selama puasa karena kadar kolesterol jahat (LDL-C) dan kolesterol baik (HDL-C)  mengalami kenaikan. Kenaikan ini terjadi karena adanya aktivitas perombakan sel lemak untuk diubah menjadi energi. Puasa menyebabkan seseorang mengalami kelaparan dan stres sehingga tubuh menggunakan lebih banyak kolesterol untuk sumber tenaga. Penggantian sumber tenaga dari glukosa menjadi kolesterol (LDL-C) ini terjadi setelah melakukan 10-12 jam puasa.  Jika hal ini terus berlangsung terus maka terjadi penurunan jumlah sel lemak pada tubuh. Sel lemak yang lebih sedikit memiliki risiko lebih kecil mengalami resistensi insulin dan lebih terlindungi dari diabetes. Diabetes sendiri telah diketahui sebagai salah satu faktor risiko dari penyakit jantung koroner.

Puasa meningkatkan Human Growth Hormone (HGH) yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY