Manfaat Puasa Bagi Kesuburan Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa kenyataannya puasa memiliki begitu banyak manfaat. Tidak hanya menambah pahala, puasa juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit dari yang ringan hingga penyakit berat atau langka.

Selain menyembuhkan penyakit-penyakit, ternyata puasa di bulan ramadhan bermanfaat bagi wanita yaitu untuk meningkatkan kesuburan. Mungkin anda tidak mengetahui hal tersebut, dikarenakan mitos yang tersebar di lingkungan masyarakat justru sebaliknya yaitu dengan puasa kesburunan akan menurun karena asupan makanan sehari- hari menurun. Padahal hal tersebut adalah anggapan yang salah atau keliru.

Bagi anda wanita yang sudah menikah, tentu sangat bahagia mendengar kabar bahwa puasa dapat meningkatkan kesuburan sehingga tidak khawatir lagi. Serta bernafas lega karena akan dipermudah dalam mendapatkan momongan.

Ketika berpuasa, anda akan membatasi asupan makanan karena hanya makan dua kali sehari yaitu waktu sahur dan berbuka puasa. Namun, hal itu justru membuat peningkatan kualitas sel telur anda.

Hal itu terbukti dalam penelitian yang dilakukan oleh Jonathan Tilly dan teman-temannya dari Harvard Medical School dengan objek penelitian yang digunakan yaitu tikus betina dewasa. Mereka menggunakan dua kelompok tikus dan diperlakukan secara berbeda. Satu tikus diberi makan banyak, sedangkan tikus yang satu lagi dibatasi asupan makannya.

Hasilnya juga mengejutkan, justru tikus yang diberi makan menunjukan penurunan jumlah sel telur. Sedangkan tikus yang dibatasi asupan makanan terlihat sehat di alat reproduksinya.

Selain penelitian tersebut, menurut dr. Mohamad Eko Cahyanto yaitu dokter spesialis penyakit dalam menyatakan dengan puasa, justru kondisi kesuburan seseorang yang menjalankannya akan meningkat. Karena pada awal puasa, hormon reproduksi pada tubuh seseorang akan mengalami penurunan. Tetapi setelah beberapa hari justru jumlah hormon tersebut mengalami peningkatan. Hal tersebut yang membuat adanya peningkatan kesuburan pada organ reproduksi baik wanita maupun pria.

Pernyataan dari dr. Mohamad Eko Cahyanto di ambil dari penelitian yang hasilnya menunjukan bahwa saat berpuasa hormon reproduksi seperti FSH dan LH kadarnya meningkat dalam tubuh. Sedangkan untuk asupan makanan sendiri itu tidak mempengaruhi kesuburan seseorang. Hal terpenting yang harus anda lakukan untuk menjaga kesuburan adalah jaga asupan gizi agar cukup dan seimbang.

Untuk menjaga keseimbangan asupan gizi selama berpuasa, ada beberapa nutrisi yang sebaiknya anda konsumsi seperti susu rendah lemak, daging ayam tanpa lemak, tahu, tempe, ikan laut yaitu salmon atau dengan kandungan omega tinggi dan buah-buahan. Sedangkan makanan yang perlu anda hindari seperti ikan tinggi zat merkuri seperti tuna dan makarel, lemak trans dan kafein. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here