Manfaat Puasa bagi Penderita Kolesterol

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada dasarnya kolesterol dapat diturunkan dan dicegah sebelum beranjak menjadi kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat mengancam penyakit yang dibawa karena kolesterol itu muncul. Sebenarnya kolesterol dapat diturunkan tanpa harus menggunakan obat-obatan medis atau obat-obatan kimia, karena banyak cara untuk mencegah dan menurunkan kolesterol agar tetap terkendali.

Kolesterol dalam darah akan semakin meningkat, hal ini disebabkan oleh adanya asupan makan yang banyak mengandung lemak jenuh dan gaya hidup yang cenderung tidak teratur dan seimbang. Penyumbang kolesterol yang paling tinggi yang telah diolah menjadi bahan makanan tertentu umumnya banyak berasal dari sumber produk hewani, seperti daging, susu dan telur.

Tubuh memang memerlukan kolesterol untuk membantu membentuk dinding sel, sebagai bahan dasar dari pembentukan hormon-hormon steroid dan sebagai sumber energi bagi tubuh. Kolesterol secara alami telah dihasilkan oleh tubuh yang berasal dari organ hati yang menyumbang kolesterol hingga 80 % dan 20 % lainnya berasal dari sumber makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Umumnya mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh tidak menunjukkan gejala apapun, namun ketika dilakukan suatu pemeriksaan pada tes laboratorium akan terlihat bahwa kadar kolesterol dalam darah telah melebihi batas normal. Jika kadar koloesterol dalam darah meningkat naik, akan menimbulkan efek negatif pada tingkat kesehatan dan gangguan penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol seperti sakit jantung, stroke, maupun penyempitan pembuluh darah.

Berikut ini beberapa detail hasil penelitian kegunaan dan manfaat puasa untuk penderita kolesterol sebagaimana diolah dari paparan hasil penelitian dr. Saskia Dyah, yaitu:

  • Menurunkan Trigliseril. Trigliseril merupakan lemak bebas yang terdapat dalam tubuh dan disimpan sebagai cadangan makanan. Ketika berpuasa, tubuh akan mendapatkan asupan kalori yang berasal dari glikogen atau gula darah yang bersumber dari nutrisi pada saat santap sahur. Jumlah glikogen dalam darah sebenarnya terbatas dan ketika glikogen telah habis digunakan, maka tubuh akan mencari alternatif sumber kalori yang berasal dari cadangan lemak dalam tubuh seperti trigliseril, sehingga kadar trigliseril dalam darah akan mengalami penurunan.
  • Kolesterol HDL dan LDL. Sebagian besar kolesterol yang terdapat dalam tubuh berasal dari asupan makanan dan hanya sebagian kecil yang diproduksi oleh hati. Namun, dalam keseharian, kolesterol tetap diperlukan dalam berbagai proses biokimia tubuh terutama dalam sensitivitas hormon dan enzym. Ketika asupan kalori dan lemak berkurang ataupun dibatasi, tubuh akan beradaptasi dengan meningkatkan produksi kolesterol HDL yang bertujuan mengangkut kembali endapan kolesterol LDL yang banyak terdapat pada arteri darah untuk didaur-ulang dalam hati. Akibatnya akan terjadi perubahan komposisi kolesterol LDL dan kolesterol HDL dalam darah. Menurut hasil penelitian ini, dikatakan bahwa penurunan LDL berkisar antara 10-15 % sedangkan peningkatan HDL berkisar antara 5-10%.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat puasa untuk penderita kolesterol yang sebaiknya perlu diketahui. Hendaknya jangan lupakan juga untuk melakukan olahraga secara rutin dengan jenis latihan yang ringan menjelang berbuka puasa agar kinerja organ tubuh makin optimal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY