Manfaat Puasa Bagi Pria Dalam Meningkatkan Hormon Testosteron

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hormon testosteron adalah hormon yang dimiliki oleh pria maupun wanita. Tetapi lebih dominan atau banyak dimiliki oleh pria. Hormon testosteron ini memiliki banyak fungsi pada tubuh.

Fungsi dari hormon testosteron yaitu sebagai pembentuk ciri-ciri fisik pria seperti perubahan suara, jenggot dan membentuk otot. Testosteron juga memiliki peran dalam membentuk kepribadian, dapat menghilangkan kepercayaan dan kurangnya motivasi, memacu pertumbuhan rambut pada wajah dan ketiak, meningkatkan neurotransmiter yang mendorong pertumbuhan jaringan dalam tubuh, meningkatkan kadar hormon pertumbuhan, meningkatkan kepadatan tulang, membantu membakar lemak serta membantu sumsum tulang dalam memproduksi sel-sel darah merah.

Dengan manfaat yang begitu banyak, sayangnya ketika pria mulai menginjak usia 30 tahun atau lebih, testosteron ini lama kelamaan setiap tahunnya akan mengalami penurunan jumlah dalam tubuh. Padahal kandungan testosteron yang rendah pada pria dapat mengakibatkan terjadinya infertilitas, penurunan fungsi seksual dan keinginan, disfungsi ereksi, penurunan masa otot, rambut mulai rontok serta oasteoporis.

Oleh karena itu, agar kandungan testosteron dalam tubuh anda tidak mengalami penurunan, anda harus melakukan upaya untuk tetap meningkatkan kadar hormon testosteron, mengingat testosteron ini sangat penting bagi pria.

Salah satu upaya yang dapat anda lakukan adalah melakukan puasa. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah jurnal ilmiah yang melaporkan bahwa puasa dapat meningkatkan hormon dan kemampuan seksual laki-laki. Hormon tersebut yaitu hormon testosteron, FSH, dan Lemotin. Dalam tahap awal didapatkan adanya penurunan hormon testosteron yang mengakibatkan nafsu seksual menurun tetapi tidak menganggu jaringan kesuburan. Hal tersebut bersifat sementara, karena beberapa hari setelah puasa hormon testosteron dan performa seksual pria akan meningkat lebih pesat dibanding sebelumnya atau ketika tidak berpuasa.

Penelitian lain juga melakukan penelitian terhadap hormon testosteron dan membuktikan bahwa puasa akan bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui hormon hipotalamus-pituatari dan pengaruh pada ke dua testis.

Itulah manfaat puasa bagi pria dalam meningkatkan hormon testosteron pada laki-laki. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan jika menjalankan ibadah puasa.

Bagi anda umat muslim yang sebentar lagi akan menjalankan puasa ramadhan, selain menjalankannya dengan ikhlas, penuh nikmat, berkah dan juga dengan ridho Allah SWT. Anda juga dapat menggunakan puasa ramadhan ini sebagai cara untuk meningkatkan hormon testosteron. Karena puasa ramadhan ini puasa yang tepat untuk anda mendapatkan manfaat tersebut dibanding puasa sunah lainnya karena terkadang anda merasa malas untuk menjalankannya. Oleh karena itu persiapkan diri anda dengan baik agar tetap sehat sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan mendapatkan berbagai manfaat saat puasa di bulan ramadhan ini. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY