Manfaat Puasa dalam Menghambat Proses Penuaan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – “Sungguh nikmat tuhan yang mana yang engkau dustakan” merupakan kalimat dari al-quran yang sering kita dengar ketika menemukan dan bersyukur atas sesuatu keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT. Sama halnya dengan puasa merupakan nikmat yang harus disyukuri. Dengan puasa kita diberikan kenikmatan begitu banyak.

Saat berpuasa kita mengurangi asupan gizi ke dalam tubuh karena harus menahan makanan dan minuman masuk ke dalam mulut hingga terbenamnya matahari. Tetapi, bukannya hal negatif yang kita dapat, justru kenikmatan yang kita dapatkan setelah menjalani puasa.

Kenikmatan yang kita dapat yaitu tubuh justru menjadi lebih sehat atau terhindar dari berbagai penyakit. Itu hanya salah satu contoh manfaat dari puasa. Manfaat lain dari puasa yang mungkin belum anda sadari ternyata dapat menghambat proses penuaan.

Semua orang pasti akan mengalami menjadi orang tua, jadi semuanya juga akan mengalami proses penuaan. Bedanya adalah ada yang mengalami proses penuaan lebih cepat dan ada yang justru lambat karena pola hidupnya yang sehat. Sehingga lebih lama awet mudanya.

Bagi anda yang ingin menghambat proses penuaan, puasa ini sudah memberikan efek tersebut. Terbukti dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Southern California yang menerapkan sebuah diet dengan nama FMD ( Fasting mimicking diet) atau diet yang serupa ketika anda melakukan puasa ramadhan.

Hasil dari penelitian tersebut yaitu dengan puasa atau metode diet FMD (Fasting mimicking diet) mampu mengurangi risiko penyebab penuaan, diabetes, penyakit kardiovaskuler dan kanker, tanpa ada efek samping yang berarti. Diet metode ini dilakukan dengan mengosumsi kalori yang lebih rendah dari biasanya.

Dengan konsumsi kalori yang lebih rendah tersebut, hormon IGF-I yang berperan dalam proses penuaan pada tubuh akan menurun, dimana hormon tersebut juga terbukti memiliki keterkaitan dengan faktor penyebab kanker. Selain hormon IGF-I, jumlah hormon IGFBP- dan zat-zat lain juga mengalami penurunan. Dengan penurunan hormon IGFBP- tersebut membuat tubuh terhindar dari penyakit diabetes dan kardiovaskular.

Puasa dapat menghambat proses penuaan karena ketika puasa tubuh akan mengalami proses-proses seperti berikut ini:

Regenerasi sel tubuh

Ketika berpuasa kulit anda akan menjadi lebih baik atau terhindar dari kusam dan kering. Hal tersebut terjadi karena sel-sel tubuh mengalami proses regenerasi yang lebih cepat dibanding tidak sedang puasa.

Detoksifikasi

Ketika anda rutin berpuasa maka tubuh juga rutin membersihkan racun dari dalam tubuh. Sehingga kulit akan lebih fresh dan bersih. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here