Manfaat Puasa untuk Ibu Menyusui

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada saat bulan Ramadhan, seluruh umat islam diwajibkan melaksanakan ibadah puasa. Puasa akan memberikan banyak manfaat bagi setiap orang yang menjalankan salah satu ibadah wajib ini, begitu pula dengan ibu yang sedang menyusui ASI ekslusif. Namun, bagi para ibu yang sedang menyusui, mereka baru boleh melaksanakan ibadah puasa apabila kondisinya sudah mantap dan kuat. Lantas apa saja manfaat puasa bagi ibu menyusui? Berikut ulasannya:

  1. Mencegah penyakit

Bagi ibu menyusui, kelebihan kolesterol dan trigliserida akan memengaruhi kualitas ASI. Apabila kualitas ASI buruk, maka hal ini akan membuat anak mudah terjangkit penyakit. Dengan melaksanakan puasa pada saat menyusui, maka kondisi kesehatan ibu dan sang bayi akan selalu terjaga.

  1. Penetralisir Racun Alami

Pada saat seseorang berpuasa, maka secara otomatis akan mengurangi asupan makanan yang masuk ke tubuh. Artinya, Anda dapat membatasi asupan lemak dan kalori yang masuk ke tubuh, sehingga bisa menghasilkan enzim antioksidan alami yang mampu membersihkan zat-zat bersifat toksin atau racun di dalam tubuh.

  1. Mengurangi kadar kalori

Setelah puasa, Anda tentu melaksanakan shalat maghrib dan dilanjutkan dengan menunaikan shalat isya’ kemudian tarawih. Pada kondisi ini, maka secara otomatis tubuh anda akan membakar kalori sebanyak 200 kalori setiap harinya, dengan catatan dilakukan secara rutin.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Banyak peneliti membuktikan bahwa saat seseorang melaksanakan puasa, secara otomatis tubuh akan melakukan peningkatan kadar  koleseterol baik atau HDL dan terjadi penuruan LDL atau kalori jahat. Kondisi ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Terutama bagi anda, ibu hamil yang sedang menyusui sangat memerlukan kestabilan kondisi jantung agar ASI tetap teraga kualitasnya.

  1. Menjaga psikologis ibu

Ibu muda biasanya akan cenderung mudah marah ketika bayinya rewel atau menangis. Namun, dengan berpuasa tentu saja harus menahan amarah ata emosinya agar pahala puasanya tidak berkurang. Situasi kondusif dan emosi yang stabil sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit pembuluh darah, stroke, jantung koroner dan penyakit berbahaya lainnya.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berpuasa tak akan melemahkan sistem kekebalan tubuh anda. Jutru dengan berpuasa, sistem imunitas akan meningkat. Dari berbagai hasil penelitian, terbukti bahwa seseorang yang sedang menjalani ibadah puasa akan mengalami peningkatan jumlah limfosit pada tubuh sebanyak sepuluh kali lipat dari biasanya, dimana kondisi ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Hal ini sama dengan kondisi ibu menyusui yang berpuasa. Jadi, bagi ibu hamil yang ingin tetap melaksanakan ibadah puasa, anda tak perlu khawatir akan terjadinya melemahnya kondisi tubuh. Yang paling penting dan harus anda jaga adalah tekadkan niat yang disertai doa agar ibadah puasa anda diridhai oleh Allah. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here