Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dengan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, itu artinya anda menginstirahatkan berbagai sistem tubuh anda dari berbagai makanan yang masuk selama beberapa jam dalam sehari. Selama ini banyak orang berfikir bahwa makanan itu sebagai pemberi energi.

Namun disamping itu ada hal yang harus dipahami bahwa dalam proses mencerna makanan tubuh anda juga membutuhkan energi yang banyak. Diperkirakan seandar 65 persen energi yang ada di dalam tubuh anda akan diarahkan ke pencernaan setelah mengkonsumsi makanan berat.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik

Puasa sering disebut sebagai obat ajaib untuk menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh manusia, karena pada saat puasa kondisi fisik yang ditingkatkan cukup panjang dan bervariasi. Sehingga saat berpuasa dapat menyehatkan sistem pencernaan, mengurangi kadar gula darah, mengatasi masalah peradangan, mengurangi hipertensi, meningkatkan kebiasaan diet yang sehat, membantu menjaga berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan detoksifikasi racun dalam tubuh.

Banyak orang bahkan para ahli telah membuktikan sendiri bahwa dengan menjalani ibadah puasa ternyata dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti penyakit arthritis, alergi, semua jenis gangguan pencernaan, kondisi kulit, asma hingga penyakit jantung

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental

Dengan menjalankan ibadah puasa  terbukti dapat menigkatkan kejernihan mental dan fokus seseorang, fakta ini berbanding terbalik dengan anggapan sebagian orang yang menganggap bahwa dengan  berpuasa membuat tubuh menjadi lemas karena seperti yang tertulis diatas bahwa berpuasa akan energi tubuh anda itu meningkat. Lantas, asumsi andapun akan lebih terfokuskan dan kewaspadaan diri akan secara otomatis meningkat.

Perlu dipahami, untuk mengatasi hal itu anda bisa lebih fokus dalam mengelola energi, yaitu dengan melakukan hal-hal positif yang lebih bermanfaat serta mengenyampingkan kegiatan yang tidak perlu. Saat menjalani ibadah puasa secara otomatis akan mempengaruhi tingkat emosional anda, dimana akan terasa lebih tenang dan bahagia menjalani hari-hari anda.

Karena berpuasa biasanya akan merasakan bahwa depresi yang mereka alami dapat menurun dan tujuan dalam hidup akan terasa lebih mudah digapai karena fokus anda akan meningkat saat menjalani ibadah puasa.

Dikutip dari beberapa sumber, sejumlah dokter menyatakan bahwa pasien yang menjalani ibadah puasa akan mengalami peningkatan konsentrasi, serta tingkat kecemasannya akan berkurang atau menurun sehingga mereka dapat tidur lebih nyenyak dan merasakan kenyamanan dalam hidup sehingga dapat bangun dalam keadaan lebih segar. (AGT)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here