Manfaat Puasa untuk Kesehatan Ginjal

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ginjal sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda. Selain membersihkan darah, mereka juga menjaga jumlah yang tepat dari mineral di dalamnya. Ginjal memastikan ada jumlah yang tepat cairan dalam tubuh Anda. Selain itu, ginjal juga membantu dalam menjaga tekanan darah Anda normal, membuat sel-sel darah merah dan menjaga tulang yang kuat.

Ginjal merupakan organ yang berfungsi menyaring zat-zat sisa dalam darah untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh. Bila fungsi ginjal terganggu maka proses penyaringan darah akan tergangu pula. Hal ini akan mengakibatkan zat-zat sisa yang bersifat racun bagi tubuh beredar dalam darah dan menuju organ-organ dalam sistem peredaran darah terutama jantung, akibatnya kerja jantung akan terganggu.

Dua hormon pada ginjal yang sehat menghasilkan renin dan angiotensin. Fungsi hormon ini mengatur berapa banyak garam dan cairan tubuh terus, dan seberapa baik pembuluh darah dapat meregang dan berkontraksi. Dengan demikian, tindakan ini membantu mengontrol tekanan darah.

Puasa bagi kesehatan ginjal itu sangat bermanfaat untuk anda ketahui. Lalu bagaimana hubungan antara puasa dengan kesehatan ginjal? Mari simak artikel ini untuk mengetahui informasi tentang hubungan kedua hal tersebut.

Penghentian konsumsi air pada saat berpuasa terbukti efektif untuk meningkatkan konsentrasi urin pada ginjal, serta dapat meningkatkan kekuatan osmosis pada urin antara 1.000-12.000ml osmosis/ kg air. Pada kondisi tertentu, ini akan sangat memberikan perlindungan tersendiri terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air pada saat berpuasa ternyata dapat meminimalkan jumlah volume air pada darah.

Apabila terjadi kondisi seperti itu akan berakibat memacu kinerja mekanisme lokal pengatur pembuluh darah, serta dapat menambah prostaglandin yang nantinya dapat memacu fungsi dan kerja sel darah merah.

Oleh karena itu, berpuasa merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Terutama untuk mereka yang sudah memiliki penyakit ginjal, akan lebih baik jika rutin melaksanakan puasa juga. Demikian tadi beberapa manfaat yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai puasa bagi kesehatan ginjal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY