Manfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit dan Kecantikan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Akhirnya bulan yang kita tunggu ini telah tiba yaitu bulan ramadhan. Kita semua patut bersyukur dapat berjumpa lagi dengan bulan yang suci dan penuh keberkahan ini. Ketika bulan ramadhan tiba, maka tiba juga waktunya untuk kita berpuasa selama kurang lebih 30 hari. Menjalankan puasa dengan menahan lapar dan haus serta tak lupa dibarengi kegiatan yang bermanfaat dan rajin beribadah.

Puasa di bulan ramadhan ini ternyata tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga memberikan begitu banyak manfaat. Salah satunya di dunia kesehatan. Puasa dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Seperti magh, diabetes melitus dan masih banyak lagi. Tidak kalah penting lagi, ada kabar gembira bagi wanita. Bahwa puasa ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kecantikan.

Kita sering mendengar kecantikan hati lebih baik daripada kecantikan wajah. Tetapi apa salahnya jika kita mendapatkan keduanya, sehingga selain cantik hati, dengan kecantikan wajah akan membuat kita semakin cantik dan lebih percaya diri. Apalagi dengan puasa kita sudah membuat keduanya terwujud, yaitu cantik hati dan wajah melalui ibadah.

Berikut manfaat puasa untuk kesehatan kulit dan kecantikan :

Kesehatan Kulit

Beberapa manfaat puasa yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan kulit, meliputi:

  1. Mengantikan sel tubuh. Saat berpuasa tubuh cenderung memiliki kemampuan untuk menggantikan sel-sel dalam tubuh lebih cepat dari biasanya. Salah satunya yaitu sel kulit. Oleh karena itu anda sering merasa kulit terlihat kusam dan kering. Tetapi anda tidak perlu khawatir, anda hanya perlu menyeimbangkan asupan gizi saat puasa agar regenerasi tersebut cepat dan sehat.
  1. Kulit menjadi bersih dan tak berjerawat. Selain mempercepat proses penggantian kulit, puasa juga dapat mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. Oleh karena itu, kulit akan tampak bersih, segar,kenyal, dan lebih cerah. Proses detoksifikasi tersebut juga membantu wajah bebas dari jerawat.
  1. Mencegah iritasi kulit. Manfaat puasa untuk mencegah kulit dari iritasi dibuktikan oleh penelitian bahwa kontak antara zat berbahaya dan kulit dapat diminimalisir dengan puasa.
  1. Mengatasi gatal. Gatal pada kulit dapat hilang dengan puasa karena selama puasa tubuh mengeluarkan zat yang dapat mengatasi gatal. Tidak hanya gatal biasa, jenis gatal yang cukup sulit disembuhkan yaitu urtikaria kronis akan lebih cepat sembuh dengan puasa.
  1. Eksim. Jika kulit tampak ada ruam kemerahan dan terdapat nanah di area ruam tersebut, maka kulit tersebut terkena eksim. Eksim dapat meluas dan menyebabkan gatal yang hebat. Salah satu obat eksim yaitu dengan puasa.

Kecantikan

Selain kulit anda menjadi sehat, puasa juga memiliki manfaat untuk kecantikan, yaitu:

  1. Berat badan terkontrol. Berat badan terkontrol karena saat puasa asupan makanan kita terkurangi. Sehingga ketika beraktivitas tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi.
  1. Memperbaiki rambut dan kuku. Rambut dan kuku yang sehat merupakan idaman semua wanita. Salah satu cara untuk mendapatkanya yaitu dengan berpuasa. Puasa akan membantu mempercepat proses regenerasi sehingga rambut dan kukupun menjadi sehat dan indah.
  1. Mata bersih. Proses detoksifikasi yang lebih cepat karena berpuasa, akan membantu membersihkan kotoran pada mata. Sehingga mata akan lebih indah dan tajam. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY