Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Kulit Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi umat muslim, puasa di bulan Ramadhan merupakan suatu kewajiban. Di sisi lain, puasa juga telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat yang paling utama dari puasa adalah membantu memaksimalkan detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi merupakan proses pembuangan racun yang terakumulasi dalam berbagai organ seperti usus, hati, ginjal, paru-paru, dan kulit. Maka tidak heran, jika puasa dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Bagi para wanita khususnya, berpuasa memberikan manfaat tambahan, yaitu meningkatkan kesehatan kulit seperti:

  • Mempercepat regenerasi sel. Kulit adalah organ terbesar tubuh. Ketika ada kelebihan racun dalam sistem tubuh, kondisi kulit dapat menjadi indikasi adanya sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Pencemaran lingkungan dan stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, kasar, berkomedo, pori-pori membesar, serta munculnya jerawat dan lingkaran hitam yang mengganggu penampilan. Karena puasa membantu detoksifikasi berbagai organ tubuh, tubuh akan lebih optimal dalam menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Berkat ini, tubuh dapat kembali pada performa terbaiknya, sehingga mampu memperbaiki sel-sel yang rusak dan meregenerasi jaringan kulit secara lebih efisien. Semakin sedikit racun yang mengendap dalam tubuh, maka tampilan kulit akan semakin baik. Ini karena endapan racun dalam tubuh akan dikeluarkan secara bertahap sehingga kulit akan menjadi bersih, segar dan lebih bercahaya. Selain itu, regenerasi sel yang lebih cepat juga mendorong pertumbuhan rambut dan kuku yang lebih sehat.
  • Mencegah jerawat. Bagi Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat, puasa dapat membantu mencegah timbulnya masalah kulit yang menjengkelkan tersebut. Manfaat ini tidak lepas dari manfaat puasa untuk detoksifikasi. Racun yang tidak dapat dikeluarkan dari tubuh secara efisien dapat menyebabkan jerawat membandel. Selama berpuasa, tubuh berada dalam masa istirahat fisiologis. Karena tidak menghabiskan energi untuk pencernaan, tubuh menjadi berfokus pada mekanisme detoksifikasi dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Ketika tubuh dapat secara efisien menyaring dan menghilangkan limbah melalui saluran pencernaan dan saluran kencing, kualitas sekresi kulit meningkat. Hal ini pada gilirannya membantu pengobatan dan pencegahan jerawat. Selain itu, karena regenerasi sel kulit berjalan lebih cepat, noda dan bekas jerawat juga dapat hilang lebih cepat.
  • Mencegah eksim. Tidak hanya jerawat, puasa juga membantu meringankan penyakit inflamasi (peradangan) kronis (lama dan kambuhan) pada kulit seperti eksim. Puasa membuat beban kerja sistem pencernaan menjadi lebih ringan. Sama seperti penjelasan sebelumnya, manfaat puasa untuk eksim dikarenakan energi tubuh menjadi dialihkan untuk meregenerasi sistem lain sehingga memungkinkan percepatan regenerasi sel-sel kekebalan tubuh, dan penurunan radikal bebas serta peningkatan status antioksidan sehingga peradangan pada tubuh akan mereda lebih cepat.

Namun, perlu diperhatikan bahwa manfaat baik dari puasa untuk kesehatan kulit tidak dapat diperoleh maksimal bila Anda tidak memperhatikan asupan minuman dan makanan pada ketika berbuka puasa dan sahur. Pasalnya, banyak orang yang mengalami kulit kering serta bibir pecah-pecah saat berpuasa. Untuk itu, pastikan kebutuhan cairan selama berpuasa terpenuhi serta konsumsilah makanan sehat. Sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur agar detoksifikasi berjalan lebih optimal. Buah dan sayuran menyumbang asupan vitamin dan mineral diperlukan tubuh untuk melakukan regenerasi sel.. Sebagai tambahan, gunakanlah pelembab dan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat efek buruk polusi lingkungan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY