Manfaat Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tentu kita ketahui, di bulan Ramadhan kita menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan full. Puasa bukan hanya suatu kewajiban yang harus dilakukan umat muslim, akan tetapi menjalankan ibadah puasa dapat memperoleh manfaat yang baik bagi kesehatan. Salah satu manfaat yang di peroleh dari puasa yaitu menurunkan berat badan. Bulan tersebut bagi sebagian orang bisa dijadikan sebagai momen untuk diet karena tidak makan selama 13- 14 jam.

Melakukan ibada puasa dapat menurunkan berat badan. 10 hari terakhir melakukan ibadah puasa merupakan momen drastis untuk menurunkan berat badan. Melakukan diet pada saat puasa pada dasarnya sama dengan melakukan diet di luar puasa yaitu mengurangi asupan karbohidrat dan lemak.

Selain itu setiap orang yang melakukan program diet harus membatasi dan mengontrol asupan kalori yang dikonsumsinya. Berikut ini beberapa alasan atau penyebab ibadah puasa dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, antara lain :

  • Puasa dapat menurunkan lemak lebih cepat

Kandungan glukosa yang terdapat di dalam karbohidrat, saat kita mengkonsumsinya akan di cerna menjadi energi yang digunakan tubuh untuk beraktivitas selama berpuasa. Akan tetapi pada saat kita menjalankan ibadah puasa kandungan glukosa akan lebih rendah karena jumlah karbohidrat yang tersimpan juga rendah, sedangkan kita akan tetap melakukan aktivitas sebagai mana mestinya.

Pada saat tubuh kehabisan glukosa (karbohidrat) tentu tubuh akan mengambil kalori berupa lemak untuk dijadikan energi pengganti karbohidrat. Hal ini menandakan pada saat berpuasa tubuh akan lebih banyak mencerna dan membakar kalori untuk dijadikan sumber energi tubuh pengganti karbohidrat.

  • Puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh

Kadar glukosa yang rendah saat berpuasa akan membuat tubuh merespon lebih banyak adrenlin atau norepinefrin yang akan membuat anda memiliki lebih banyak energi. Proses tersebut dapat membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan meningkat.

  • Puasa dapat mengurangi lemak perut

Kandungan reseptor alfa-2 yang banyak akan membuat lemak perut sulit dihilangkan dan akan memperlambat pembakaran lemak dibandingkan reseptor beta-2. Pada saat puasa akan memungkinkan pembakaran lemak perut yang membadel karena aliran darah ke bagian perut akan meningkat dan memudahkan hormon adrenalin untuk membakar lemak dibagian perut.

  • Puasa secara alami dapat meningkatkan hormon pertumbuhan

Hormon pertumbuhan yang disebut dengan human growth hormone (HGH) merupakan hormon ajaib yang membakar lemak, membangun dan mempertahankan massa otot. Saat berpuasa hormon pertumbuhan (HGH) akan meningkat sekitar 1300 persen pada wanita dan sekitar 2000 persen pada pria. Hal tesebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa diet berpuasa lebih efektif dalam menurunkan berat badan dibandingkan dengan diet lainnya.

  • Puasa akan membuat anda makan lebih sedikit

Setelah berpuasa selama 13-14 jam tentu anda dapat mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dan akan membuat anda makan dalam jumlah frekuensi yang lebih sedikit. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat tinggi. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here