Manfaat Rumput Teki Bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Meskipun hanya sebuah rumput yang mungkin dapat tumbuh di halaman rumah, kebun atau dimanasaja dan sering dijadikan sebagai makanan hewan ternak serta sering diinjak oleh manusia. Akan tetapi rumput atau rimpang teki ini memiliki manfaat yang tidak anda duga.

Rumput atau rimpang teki memiliki kandungan kimia berupa alkaloid, minyak atsiri, flavonoid, polifenol, resin, amilum tanin, d-glukosa, d-fruktosa, triterpen dan gula tak mereduksi. Berikut ini beberapa manfaat rimpang teki bagi kesehatan tubuh manusia, antara lain :

  1. Obat diare

Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 yang dipublikasikan dalam Journal of Ayurveda dan Intergrative Medicine menjelaskan bahwa ekstra rumput teki dapat menyembuhkan diare sekitar 46%.

  1. Menurunkan berat badan

Pada tahun 2007 para peneliti melakukan sebuah riset yang hasilnya yaitu bahwa ekstra rumput teki selama 60 hari dapat menurunkan berat badan pada hewan uji cobanya.

  1. Menurunkan demam

Rumput teki apabila digunakan sebagai kompres pada tumbuh berfungsi untuk menginduksi keringat sehingga suhu tubuh dapat menjadi normal.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan senyawa aktif dan enzym yang terdapat di dalam rumput teki dapat merangsang berbagai reaksi biokimia yang berpengaruh pada sistem pencernaan. Sehingga rumuput teki dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

  1. Mengatasi kejang

Kandungan ekstra etanol dalam rumput teki dapat mengatasi terjadinya epilepsi atau kejang. Hasil penelitian membuktikan bahwa flavonoid di dalam ekstra etanol memiliki efek farmokologi sebagai anti epilepsi. Selain itu ekstra etanol ini befungsi sebagai obat asma, malaria, spasmolitik, kencing batu dan ikterik.

  1. Anti inflamasi

Rumput teki dapat berfungsi sebagai anti inflamasi yang efektif melawan karaginan dan formaldehid. Hasil penelitian kandungan triterpenoid dalam rumput teki dapat bermanfaat sebagai anti inflamasi.

  1. Melancarkan sistem peredaran darah

Rumput teki memiliki kandungan ekstra alkohol yang berfungsi untuk melancarkan sistem peredaran darah, sehingga tanaman ini dapat dijadikan sebagai obat antihipertensi, diabetes dan kolesterol.

  1. Melancarkan haid

Wanita sering mengalami menstruasi yang tidak teratur yang dipengaruhi oleh stres, pola makana, dan hal lainnya. Kandungan kimia di dalam rumput teki berfungsi untuk memperbaiki siklus menstruasi.

  1. Merangsang produksi ASI

Wanita primipara biasanya mengalami keluhan berupa ASI tidak lancar sehingga tidak heran hal ini dapat menjadi salah satu kegagalan pemberian ASI eksklusif. Rumput teki berfungsi untuk merangsang produksi ASI sehingga ASI dapat keluar dengan lancar. Selain itu hal yang perlu anda lakukan untuk melencarkan produksi ASI yaitu melakukan perawatan payudara.

  1. Menyembuhkan berbagai penyaki kulit

Penyakit kulit seperti panu, kurap, ruam, kutu air, eksim dan penyakit kulit lainnya dapat diatasi dengan menggunakan rumput teki. Cara penggunaanya yaitu merajang dau teki dan oleskan kebagian kulit yang memiliki masalah. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Mengobati keputihan

Keputihan yang dialami oleh wanita disebabkan oleh jamur yang dipengaruhi oleh personal hygine yang kurang, stress, pola makan yang tidak sehat, dll. Rumput teki berfungsi sebagai anti jamur yang dapat mengatasi keputihan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here