Manfaat Rutin Berhubungan Intim dengan Pasangan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berhubungan intim bersama pasangan adalah hal yang lumrah dilakukan oleh orang yang sudah berumah tangga. Bukan sekedar melepaskan hawa nafsu, berhubungan intim juga bertujuan sebagai usaha agar sebuah keluarga mendapat keturunan. Ternyata, menurut beberapa penelitian berhubungan intim secara rutin dengan pasangan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti:

  1. Membuat tidur menjadi lebih nyenyak

Biasanya pasangan yang habis melakukan hubungan intim akan merasakan kantuk. Itu adalah hal yang wajar terjadi. Karena setelah Anda mendapatkan orgasme ketika berhubungan intim, saat itulah tubuh melepaskan hormon prolaktin dan oxytocin yang membuat Anda merasa nyaman dan mengantuk.

  1. Membakar kalori

Berhubungan intim kerap mendapat julukan “olahraga ranjang”. Ternyata julukan ini tidaklah salah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Naomi Greenbalt, direktur medis di klinik The Rocking Chair New Jersey, mengatakan bahwa sekitar 250 kalori dapat terbakar ketika berhubungan intim.

  1. Mengurangi dan mengatasi stres

Ketika bercinta dengan pasangan, tubuh Aanda akan melepaskan dua hormon sekaligus, yaitu hormon dopamin dan hormon endrofin. Kedua hormon ini yang membuat Anda merasakan perasaan nyaman, puas, dan bahagia ketika bercinta. Selain itu, kedua hormon ini juga memiliki tugas mencegah dan mengatasi stres yang Anda alami.

  1. Mempertajam ingatan

Para peneliti di Universitas McGill di Kanada menemukan bahwa wanita yang rutin melakukan seks memiliki ingatan lebih baik terhadap kata-kata abstrak dalam tugas mengigat kata. Sayangya, manfaat ini hanya drasakan oleh kaum hawa saja. Mengapa seks bisa menajamkan ingatan? Karena ketika Anda berhubungan intim dengan pasangan, maka saraf di otak yang menyangkut belajar dan menginggat akan berkembang.

  1. Menghindari risiko penyakit jantung

Pada beberapa penelitian mengatakan bahwa bercinta dapat mencegah penumpukan zat homosistein dengan mendorongnya lewat sirkulasi darah. Zat homosistein merupakan zat kimia dalam tubuh yang bisa menyebabkan pembekuan darah sehingga meningkatkan risiko serangan jantung. Oleh karena itu, penumpukan zat homosistein harus dicegah dan salah satu caranya adalah dengan bercinta.

  1. Menurunkan tekanan darah

Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Skotlandia membuktikan bahwa pria dan wanita yang secara rutin melakukan hubungan seksual memiliki tekanan darah yang lebih stabil dibandikan yang jarang malakukan hubungan intim dengan pasangan. Sedangkan menurut peneliti dari Universitas Negeri Michigan menyebutkah bahwa, wanita berusia 57 hingga 85 tahun yang rutin melakukan hubungan seksual memiliki risiko tekanan darah tinggi yang lebih sedikit.

  1. Meningkatkan kesuburan

Bagi para pria, melakukan hubungan seksual secara rutin dapat meningkatkan kualitas sperma mereka. Sedangkan bagi para wanita, rutin bercinta dengan pasangan dapat menyeimbangkan hormon dan memperlancar siklus haid.

  1. Menurunkan risiko kanker prostat

Bagi para pria, manfaat yang satu ini termasuk manfaat jangka panjang yang bisa Anda rasakan. Pasalnya, pada penelitian yang dilakukan di Nottingham University menyatakan bahwa, pria yang aktif melakukan hubungan intim memiliki risiko yang sangat kecil terkena kanker prostat.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here