Manfaat Santan untuk Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kelapa merupakan tumbuhan multifungsi dan multiguna. Pohon dan buahnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Tak terkecuali santan. Kelapa mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu melindungi dan menyembuhkan tubuh dari beragam penyakit. Santan atau susu kelapa juga sebenarnya bermanfaat baik bagi kesehatan. Hanya saja, tidak banyak yang mengetahuinya. Inilah beberapa manfaatnya!

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan utama yang membuat santan itu sehat adalah asam laurat, yang memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antivirus. Santan juga kaya akan antioksidan, yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Disertai makanan yang kaya antioksidan lainnya, santan dapat meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus membangun kembali sel-sel tubuh yang rusak.

  • Menjaga kesehatan jantung

Santan memiliki reputasi buruk sebagai pemicu kolesterol. Faktanya, lemak jenuh dalam santan terdiri dari asam lemak rantai pendek dan menengah, di mana tubuh akan mengubahnya dengan cepat menjadi energi, bukannya disimpan menjadi lemak. Asam laurat dalam santan juga memberikan manfaat dalam menjaga kadar kolesterol yang sehat serta dapat membasmi organisme aterogenik, yaitu bakteri yang dapat menyebabkan pembentukan plak di arteri.

  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Kulit dan rambut juga memperoleh manfaat baik dari santan. Bagi Anda yang gemar melakukan perawatan kecantikan dengan bahan alami, kenapa tidak untuk mencoba perawatan dengan santan. Asam lemak dalam santan juga merupakan antiseptik alami yang dapat membantu mengobati ketombe, infeksi kulit dan kulit gatal. Selain itu, lemak dalam santan juga berfungsi sebagai pelembab alami yang dapat menjaga kesehatan kulit serta memperbaiki kulit yang keriput dan kendur.

  • Menyediakan elektrolit

Santan juga menyediakan mineral elektrolit yang dibutuhkan untuk menjaga volume darah, menjaga kesehatan jantung, serta mencegah dehidrasi. Ini karena santan mengandung zat besi, natrium, kalsium, magnesium, selenium, fosfor, dan kalium. Elektrolit dan lemak sehat dalam santan juga bermanfaat baik untuk menutrisi sistem pencernaan sehingga usus menjadi lebih sehat.

  • Membantu pembangunan otot

Elektrolit seperti magnesium dan kalium dalam santan membantu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan otot setelah olahraga. Selain itu, asam lemak dalam santan juga berperan dalam meningkatkan pengeluaran energi dan membantu meningkatkan kinerja fisik.

Sebagai bahan makanan yang tinggi lemak sehat, santan dapat membuat Anda tidak mudah lapar sehingga membantu mencegah makan berlebihan yang berpotensi meningkatkan berat badan. Namun, hal ini tentu saja harus diimbangi konsumsi makanan sehat lainnya agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi setiap harinya.

Perlu diingat kalau lemak sehat dalam santan bisa terhidrogenasi dan berubah menjadi lemak trans jika santan dimasak untuk waktu yang lama atau pada suhu pemanasan tinggi. Lemak trans inilah yang dapat memicu kolesterol tinggi yang meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Misalnya, pada olahan bersantan seperti gulai dan rendang, kandungan lemak sehat dalam santan cenderung sudah rusak sehingga berpotensi memicu kenaikan kolesterol. Maka dari itu, konsumsinya harus dibatasi.

Agar Anda tetap bisa menikmati gurih dan sehatnya santan, masukkan santan segar ke dalam masakan Anda setelah masakan diangkat dari kompor. Jadi, santan tidak ikut dimasak sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga. Kandungan lemak sehat dalam santan segar tentunya lebih baik ketimbang santan kemasan. Bagaimana pun, manfaat sehat yang ditawarkan santan akan maksimal bila diimbangi juga dengan konsumsi buah dan sayur, serta gaya hidup sehat lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY