Manfaat Seks di Pagi Hari

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selain mempererat ikatan dengan pasangan, melakukan aktivitas seksual juga dapat mengurangi rasa sakit, serta memiliki efek yang sama seperti setelah berolahraga. Dibandingkan malam hari, memang hanya sedikit orang yang menyukai hubungan seks pada pagi hari. Waktu yang sempit, harus menyiapkan diri untuk bekerja, sampai kurang percaya diri karena belum mandi menjadi alasan mengapa seks pada pagi hari kurang diminati.

Menurut studi dalam Journals of Circadian Rhythms, menyebutkan bahwa 58 persen pasangan bercinta mulai dari pukul 23.00 hingga 01.00 dini hari di akhir pekan, dan hanya sedikit yang melakukannya padapukul 06.00 pagi di hari senin atau hari kerja lainnya.

Jika Anda dan pasangan terbiasa bercinta malam hari sebelum tidur, saat tubuh telah begitu lelah akibat beraktivitas seharian, saatnya Anda mempertimbangkan untuk lebih sering melakukan kegiatan tersebut di pagi hari, saat tubuh masih dalam keadaan segar. Seks di pagi hari menawarkan berbagai manfaat baik untuk fisik maupun psikologis, salah satunya adalah olahraga. Beberapa penelitian menyebutkan, melakukan seks selama satu jam sekalipun dapat membakar kalori yang setara dengan jogging selama 30 menit. Dalam waktu satu jam, pria membakar rata-rata 240 kalori dan perempuan 180 kalori. Apa saja manfaat lainnya?

  • Meningkatkan imunitas

Seks di pagi hari juga membantu dalam membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, sehingga pertahanan tubuh terhadap penyebaran virus seperti pilek atau flu semakin kuat. Produksi antibodi yang melindungi dari infeksi (imunoglobulin A/IgA) meningkat selama bercinta pada pagi hari. Saat beraktivitas seksual, antibodi IgA ditemukan di kelenjar mukosa kelamin wanita yang membuat batasan untuk mencegah transmisi infeksi penyakit. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa aktivitas seks yang dilakukan tiga kali dalam seminggu disebut dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

  • Meningkatkan peluang hamil

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa jumlah sperma pria cenderung lebih tinggi di pagi hari. Hal ini tentu saja berpengaruh pada tingkat kesuburan untuk pembuahan sel telur.

  • Memperbaiki mood

Aktivitas seksual di pagi hari dapat memperbaiki mood karena kadar serotonin yang disekresi selama aktivitas seksual. Berhubungan seks di pagi hari juga melepaskan hormon oksitosin yang membuat Anda dan pasangan merasa lebih terikat sepanjang hari. Seks teratur di pagi hari juga diyakini dapat membuat Anda merasa lebih optimis dan bahagia dalam menjalani hari.

  • Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

Orgasme yang dicapai saat seks pagi hari memicu sekresi senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh yang dapat memperbaiki warna dan tekstur kulit, bahkan rambut. Sirkulasi darah yang meningkat selama bercinta juga membantu memperbanyak asupan oksigen dalam tubuh sehingga memperbaiki kilau wajah.

  • Pereda stres

Bercinta di pagi hari ternyata juga menenangkan saraf sebelum menjalankan aktivitas. Seks di pagi hari dapat mengurangi efek stres setidaknya hingga seminggu. Seks melepaskan hormon endorfin dan oksitosin, yaitu hormon yang mengaktifkan perasaan bahagia di otak. Seperti obat, seks memicu reaksi kimia tertentu di otak yang memberi kita perasaan yang sangat menyenangkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here