Manfaat Seks untuk Meningkatkan Memori Daya Ingat Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya ingat, mulai dari konsumsi vitamin, minyak ikan, hingga latihan asah otak. Namun sebuah penelitian menunjukkan bagi wanita, berhubungan seks ternyata dapat meningkatkan daya ingat.

Berhubungan seks tidak cuma bisa membuat tubuh wanita makin ramping, merasa bahagia, dan lebih sehat. Tapi kegiatan ini juga mampu meningkatkan kemampuan memori pada wanita. Melansir dari Independent, penelitian menunjukkan aktivitas intercourse penis-vagina (PVI) berdampak besar pada otak wanita. Hal ini memungkinkan wanita mampu mengingat kata-kata abstrak.

Penelitian tersebut dilakukan oleh tim peneliti di McGill University, Kanada. Hasil penelitian menemukan adanya keterkaitan antara aktivitas seks dan pertumbuhan jaringan saraf di hippocampus, bagian otak yang mengendalikan emosi, memori, dan jaringan saraf.

Profesor psikologi McGill University Jens Pruessner yang juga terlibat dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa senyawa kimia yang berhubungan dengan otak, seperti hormon dan neurotransmitter terbukti saling berhubungan. Keduanya ikut terlibat dalam aktivitas seksual dan memori.

Tim peneliti menggunakan responden lebih dari 75 wanita heteroseksual berusia di bawah usia 30 tahun. Responden diminta untuk mengikuti tes daya ingat, seperti bentuk wajah dan kosa kata abstrak.

Para responden juga diminta mengisi kuisioner yang digunakan untuk merekam indeks frekuensi dan riwayat penggunaan alat pengendali kelahiran seperti kontrasepsi.

Hasil penelitian mengungkapkan, wanita yang memiliki jumlah frekuensi terbanyak memiliki kemampuan lebih baik dalam hal mengingat kata-kata abstrak.

Temuan ini menunjukkan bahwa aktivitas seks yang semakin sering berdampak pada fungsi memori dan hippocampus, tulis penulis dalam publikasi mereka di jurnal Archives of Sexual Behaviour. Namun, seks tidak berpengaruh dalam memori mengingat wajah.

Hubungan tersebut dapat disebabkan berdasarkan fakta bahwa seks merupakan kegiatan setara dengan olahraga. atau yang membantu meringankan kondisi mental seseorang. Karena olahraga tradisional (berlari, tenis, bersepeda dan sebagainya), mampu menolong meringankan keadaan mental seperti depresi atau stress, keduanya dapat mempengaruhi memori otak.

Para peneliti menyampaikan bahwa kegiatan seks dapat meningkatkan neurogenesis di hipokampus atau pertumbuhan jaringan saraf, yg dapat membuat kinerja memori menjadi lebih baik. Dan alasan mengapa wajah tak bisa diingat dengan baik, karena dalam proses mengingat wajah bergantung pada struktur ekstra hipokampus, sehingga tidak terkait dengan hipokampus secara langsung.

Kondisi mental yang tenang akan berdampak pada daya ingat seseorang. Namun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan orgasme yang juga berdampak pada memori atau tidak. Penelitian sebelumnya menemukan fakta bahwa wanita lebih mampu menikmati seks seiring pertambahan usia karena dorongan percaya diri dan keterampilan komunikasi lebih baik. Hasil penelitian ini sudah memperkuat penelitian sebelumnya yg cuma dikerjakan pada hewan-hewan, yg memperlihatkan temuan yg sama. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here