Manfaat Senam Aerobik Bagi Wanita Penderita Kolesterol

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hidup sehat adalah dambaan setiap wanita. Namun, pada kenyataan tidak semua wanita memiliki kesehatan yang baik. Cara mendapatkannya mereka perlu melakukan berbagai macam upaya agar tetap sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kolestrol yang di derita manusia telah menjadi masalah global, baik di Negara maju maupun di Negara berkembang.

Olahraga senam saat ini sudah sedemikian maju, khususnya senam aerobik yang sangat diminati ibu-ibu dan remaja putri baik di kota besar maupun di kota-kota kecil. Senam merupakan salah satu jenis latihan fisik yang digunakan sebagai sarana mencegah penyakit termasuk kolestrol serta sebagai sarana rehabilitasi atau terapi yang efektif. Terdapat banyak kegunaan dari olahraga ini, seperti meningkatkan kerja jantung, kekuatan otot, dan membakar lemak sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Olahraga senam aerobik sangat mudah dipraktekan para ibu dan anak remaja karena olahraga ini dapat membawa manfaat bagi kesegaran jasmani. Olahraga senam aerobik secara terukur dan teratur dapat menjadikan postur tubuh manusia menjadi lebih proposional. Komposisi tubuh menunjukkan perbandingan kumpulan otot, tulang, cairan dan lemak. Senam aerobik yang dilakukan secara rutin dapat mencegah kolestrol tinggi dan senam aerobik juga telah terbukti dapat memelihara elastisitas dan kesehatan kulit sehingga tidak cepat keriput dan tampak muda. (Setya Rahayu, 2001).

Manfaat lain dari latihan ini yang jika dilakukan rutin selama 50 menit 3 kali seminggu dapat mengendalikan tekanan darah dan lemak darah (Faisal, Yatim 2005). Senam aerobik jelas mempunyai dampak positif pada penurunan kadar lemak, kolesterol dalam darah. Pengaruh lainnya adalah mengurangi resiko hipertensi, penyakit jantung koroner, serta untuk meningkatkan kapasitas kerja fisik (The American College of Sport Medicine) merekomendasikan agar seseorang ikut serta dalam kegiatan olahraga aerobik minimum 3 kali seminggu selama 20 sampai 60 menit. Perlu diperhatikan intensitas senam harus didasarkan pada kemampuan masing masing individu yang bersangkutan dalam aktivitasnya sehari-hari. (T. Cotton Richard, 1993)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here