Manfaat Senam Hamil untuk Melancarkan Persalinan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat hamil tubuh terasa cepat lelah dikarenakan ibu hamil membawa beban berat yaitu janin yang ada dalam kandungan saat melakukan aktivitas apapun. Sehingga saat lelah melanda anda memutuskan untuk sering duduk atau banyak tidur. Alhasil duduk dan tidur tersebut kadang malah membuat anda semakin lemas dan lelahpun masih terasa.

Untuk mengatasi hal tersebut bidan atau dokter kandungan biasanya akan menyarankan kepada anda agar melakukan olahraga. Tenang saja, olahraga akan tetap aman untuk anda dan janin dalam kandungan karena yang disarankan adalah olahraga ringan. Olahraga yang cocok untuk anda salah satuya adalah senam hamil.

Senam hamil adalah sebuah latihan fisik yang dikhususkan untuk ibu hamil agar mereka bisa melatih kelenturan otot-otot tertentu yang menunjang persalinan, misalnya seperti otot perut otot paha dan otot panggul. Di dalam senam hamil ini, ibu hamil dapat melatih beberapa hal yang akan sangat berguna di masa persalinan nanti seperti latihan pernafasan, fleksibilitas, relaksasi dan kerja otot jantung.

Selain untuk mengusir rasa lelah dan lemas. Ternyata senam hamil ini juga bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan anda. Manfaat senam hamil yang anda dapatkan dalam memperlancar proses persalinan yaitu:

  • Dengan senam hamil anda bisa melatih teknik pernafasan anda untuk menghadapi persalinan sehingga saat persalinan tiba, anda bisa dengan mudah mempraktekkan teknik pernafasannya. Anda tidak perlu kuatir asupan oksigen ke dalam tubuh dan janin akan berkurang, karena anda sudah menguasai teknik pernafasan yang benar.
  • Senam hamil membuat otot-otot anda menjadi lebih rileks. Seiring dengan semakin bertambahnya usia kehamilan, perut anda tentu juga akan semakin membesar. Seringkali perut yang membesar ini membuat ibu hamil merasakan sakit atau pegal yang luarbiasa di daerah sekitar pinggang, pinggul dan paha. Jika anda melakukan senam hamil, anda bisa membuat otot-otot di sekitar daerah tersebut menjadi lebih rileks sehingga rasa pegal dan sakitnya bisa berkurang.
  • Senam hamil dapat memperbaiki suasana hati anda serta pola tidur ibu hamil menjadi baik. Senam hamil sangat berguna untuk membuat anda merasa rileks, sehingga perasaan anda pun bisa menjadi lebih tenang dan nyaman. Ketika anda merasa rileks, tenang dan nyaman, pola tidur anda pasti juga akan menjadi lebih baik.

Senam hamil dapat membantu anda mengurangi rasa sakit saat melakukan persalinan secara normal karena anda sudah mengetahui teknik pernafasan yang benar serta memiliki otot-otot yang sudah terlatih untuk bisa mengejan dengan baik. Teknik pernafasan merupakan salah satu cara untuk mengatasi nyeri saat persalinan. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY