Manfaat Senam Mata

wizamisasi.com

SehatFresh.com – Semua orang pasti ingin memiliki mata yang sehat dan penglihatan normal serta jernih. Namun, sayangnya ada beberapa orang yang mengalami gangguan pada mata mereka. Seperti mata minus, mata plus, dan silinder. Karena gangguan mata yang dialami, mereka harus menggunakan kaca mata khusus atau lensa kontak yang memiliki fungsi seperti kaca mata.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab gangguan mata ini. Di antaranya gaya hidup yang tidak sehat. Pola makan yang tidak sehat, seperti asupan karbohidrat sederhana yang berlebihan dan makanan yang terlalu diolah serta makan ketika merasa stress. Kebiasaan membaca yang salah, seperti membaca sambil tiduran dan membaca di tempat dengan penerangan yang kurang juga bisa menjadi faktor penyebab mata minus. Polutan di udara, air dan makanan (bahan kimia, pengawet dll), konsumsi gula yang berlebihan, kurang terkena sinar matahari, tempat kerja yang buruk, terlalu banyak menonton televisi juga bisa menyebabkan mata minus.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat mengobati mata minus/plus. Paling tidak, mengurangi gejala yang timbul atau tingkat keparahan yang terjadi. Salah satu cara yang paling ampuh ialah senam mata. Senam mata memiliki efek yang besar bagi mata Anda.

Menjaga dan melatih mata agar selalu sehat sebenarnya tidak sulit. Menurut Oei Gin Djing, akupunturis yang juga praktisi chikung dan prana yang tinggal di Jakarta, ada cara mudah melatih mata Anda agar tetap dapat melihat indahnya dunia, yakni denga melakukan senam mata setiap hari.

Senam mata sangat berguna bagi Anda yang sering menggunakan mata saat bekerja. Seperti akuntan, ilmuwan, penjahit, pecinta buku, penulis, pelajar, ahli komputer, dan siapapun yang banyak memanfaatkan matanya. Senam ini bisa dilakukan dalam posisi berdiri, duduk, berbaring, maupun kondisi mata terpejam.

Lebih jauh, kata Oei, senam mata mempunyai banyak manfaat. Contohnya, mengurangi atau menghilangkan penyakit mata, mencegah timbulnya tumor di belakang mata dan di kelenjar hipofisis (pituitari), menghilangkan lingkaran dan bengkak di bawah mata atau menghilangkan kantong mata, mengurangi keriput di sekitar mata, membuat otot mata dan sekitarnya menjadi elastis dan kuat, serta mempertajam penglihatan.

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk melakukan senam mata:

  1. Pandangan lurus ke depan.
  2. Tangan kanan berada di sebelah kanan badan sejajar leher.
  3. Jari telunjuk mengacung ke atas.
  4. Lihat jari anda dengan fokus dengan cara menoleh ke kanan.
  5. Palingkan wajah Anda ke kiri perlahan tanpa kehilangan pandangan fokus Anda ke jari tadi.
  6. Tahan pandangan ketika merasa mata sudah maksimal.
  7. Ketika sudah lelah bebaskan mata Anda dengan melihat yang jauh.

Selain rutin melakukan senammata, ada baiknya bagi Anda menghindari pandangan dari alat-alat elektronik yang memancarkan radiasi berlebih bagi mata, seperti televisi, komputer, handphon, dan lain-lain.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY