Manfaat Sikat Gigi Setelah Sahur dan Berbuka Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setelah makan sahur ada orang yang lebih suka tidur lagi karena merasa masih lelah dan butuh tidur tambahan dan ada juga yang memilih untuk langsung melakukan aktivitas hariannya karena tidak suka tidur setelah sahur atau takut bangun kesiangan jika tidur lagi setelah makan sahur.

Bagi yang memilih tidur lagi setelah makan sahur anda perlu ingat untuk menyikat gigi terlebih dahulu setelah sahur, ini juga berlaku bagi yang tidak akan tidur lagi. Sebab selain membantu membuang sisa makanan dalam gigi yang dapat menganggu puasa anda, menyikat gigi setelah sahur dan juga setelah berbuka puasa akan memberikan manfaat pada anda. Manfaat sikat gigi setelah sahur dan berbuka puasa antara lain:

  1. Menjaga kesehatan gigi

Seperti tujuan utama dari sikat gigi adalah menjaga kesehatan gigi. Meski sebenarnya tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk membersihkan gigi dengan air liur yang bercampur antibodi, namun saat puasa mekanisme tersebut kurang efektif dan butuh bantuan dengan anda menyikat gigi setelah sahur dan berbuka puasa.

Karena saat puasa anda akan mengalami dehidrasi dan air liur produksinya menurun yang mana menyebabkan gigi anda berlubang. Oleh karena itu sikat gigi yang anda lakukan akan membantu menjaga kesehatan gigi selama berpuasa.

  1. Napas tetap segar selama puasa

Jika anda melewatkan sikat gigi setelah sahur dan langsung tidur maka akan membuat penyebaran asam di mulut anda meningkat dan akibatnya terjadi pengeroposan pada gigi dan napas anda menjadi bau. Jadi sempatkan sikat gigi dahulu setelah sahur dan berbuka sehingga napas anda segar dan tidak akan malu karena bau napas anda tidak akan menganggu orang lain.

  1. Mencegah terbentuknya karang gigi

Sisa makan atau plak yang menempel pada gigi akibat tidak sikat gigi setelah sahur atau berbuka puasa lama-lama akan menjadi mengeras pada gigi dan menyebabkan terbentuknya karang gigi yang berbahaya. Bahaya dari karang gigi yaitu gigi akan rapuh.

Sikat gigi terlebih dahulu setelah sahur dan berbuka puasa agar tidak menyebabkan terbentuknya karang gigi dan gigi tetap kuat. Gigi kuat setelah sikat gigi karena kandungan fluoride dari pasta gigi mencegah adanya lubang kecil yang disebabkan oleh keasaman dan sisa makanan

  1. Lidah, gusi dan mulut tetap sehat

Selain bermanfaat untuk gigi. Sikat gigi juga bermanfaat untuk membuat gusi , lidah dan mulut anda lebih sehat. Dengan sikat gigi setelah sahur dan berbuka puasa akan mencegah anda mengalami gangguan lidah, gusi dan mulut seperti radang gusi, dan sariawan. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here