Manfaat Siwak bagi Kesehatan dan Pengobatan Gigi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda tahu apa itu siwak? Jika belum, Anda harus mengetahuinya. Kenapa? Karena manfaat siwak sungguh banyak.

Manfaat siwak atau miswak terutama untuk area mulut. Tak hanya untuk kebersihan mulut dan gigi, penggunaan siwak juga berarti mengikuti sunah Rasulullah SAW. Menurut sejumlah hadist, Rasulullah SAW bersiwak di saat dirinya hendak salat, bepergian, dan saat terbangun di tengah malam.

Siwak didapatkan dari ranting dan akar pohon salvadora persica yang sering digunakan untuk membersihkan gigi, mulut, dan gusi. Pohon walnut dan zaitun juga dapat digunakan untuk menggosok gigi, namun siwak lebih efektif.

Rekomendasi oleh WHO pada tahun 2000 untuk menggunakan siwak sebagai pembersih gigi. Bahkan, Ramli Mohammed Diabi telah meneliti tentang manfaat siwak bagi kesehatan selama 17 tahun. Menurutnya, siwak juga mampu untuk menghilangkan efek buruk yang ditimbulkan oleh nikotin. Kini, perusahaan internasional seperti Wrigley mencampurkan siwak dalam permen yang diproduksinya.

Siwak memiliki efektivitas untuk membunuh bakteri dan sebagai pembersih gigi. US National Library juga mengungkap fakta, siwak lebih efektif daripada sikat gigi biasa dalam mengurangi plak dan radang gusi. Kandungan kimiawi dalam siwak mengandung banyak mineral dan senyawa penting, seperti fluoride, klorida, sodium bicarbonat, pottasium, sulfur, silika, vitamin C, salvadorine dan lainnya.

Semua nutrisi di dalamnya efektif dalam memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Inilah alasan ekstrak siwak sering digunakan sebagai pasta gigi.

Secara umum, inilah beberapa manfaat siwak bagi kesehatan gigi dan pengobatan:

  • Menghilangkan bau mulut

Siwak mengandung minyak aroma alami yang mampu mengharumkan bau mulut dan menghilangkan bau tak sedap.

  • Menyehatkan gusi

Siwak diperkaya dengan zat antibakteri, seperti abrasive dan astringent, yang berguna untuk membunuh bakteri dan menghentikan gusi berdarah. Minyak aroma alami dalam siwak bertindak sebagai antiseptik yang mampu mencegah gangguan gusi akibat plak. Plak adalah penyebab utama gigi keropos yang pada akhirnya tanggal secara prematur. Miswak juga dilengkapi dengan vitamin C dan trimetilamin yang membantu pemulihan jaringan gusi.

  • Membersihkan gigi dan mulut

Siwak memiliki anti decay agent yang mampu meningkatkan produksi air liur (saliva) sehingga mengurangi bakteri di mulut dan mencegah proses pembusukan sisa-sisa makanan. Produksi saliva yang memadai akan membuat mulut lebih bersih.

  • Pencerah gigi

Selain kandungan anti bakteri, dari penelitian juga diperoleh bahwa siwak mampu mencerahkan gigi. Khasiat mencerahkan gigi ini diperoleh dari kandungan kimia yang juga terdapat di dalam gigi. Kandungan kimia itu berupa sodium bicarbonate, sulfur, vitamin C, trimethyl amine, salvadorine, dan fluoride.

  • Memutihkan gigi

Klorida dalam siwak efektif untuk menghilangkan noda gigi, sedangkan silika berguna sebagai scrub bagi gigi. Zat kimia yang beperan sebagai pemutih gigi adalah sodium bicarbonate, trimethyl amine, sulfur, salvadorine, vitamin C, dan fluoride. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY