Manfaat Stretching Setelah Bangun Tidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi pembaca yang kerap tidak bergairah setelah bangun tidur, informasi berikut ini mungkin layak untuk disimak. Rasa pegal, kaku atau nyeri ketika bangun tidur bisa saja disebabkan pada kebiasaan seseorang yang tidak pernah melakukan stretching. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat stretching setelah bangun tidur.

Stretching Mampu Meningkatkan Fleksibilitas

Seseorang yang melakukan stretching selama kurang lebih 15 menit setiap pagi hari, dapat menjaga fleksibilitas tubuh. Pasalnya otot yang fleksibel mampu meningkatkan performa seseorang. Tidak dipungkiri jika aktivitas keseharian seperti membungkuk, mengangkat barang, atau berlari cukup menguras tenaga. Terlebih fleksibilitas tubuh seseorang cenderung berkurang, sejalan dengan bertambahnya umur.

Stretching Mampu Meningkatkan Sirkulasi Darah

Stretching rupanya mampu meningkatkan sirkulasi darah di dalam otot. Peredaran darah yang lancar tentu saja dapat membuat seseorang menjadi lebih segar setiap hari. Terlebih zat-zat yang menyumbat jaringan otot, mampu dihilangkan. Sirkulasi darah yang meningkat juga mampu mempersingkat masa penyembuhan apabila seseorang menderita cedera otot.

Stretching Mampu Membuat Postur Tubuh Lebih Baik

Stretching di pagi hari dapat membuat otot tetap lentur atau tidak tegang. Hal tersebut bisa membuat seseorang memperoleh postur tubuh yang lebih sehat. Jadi tidak mengherankan jika beberapa waktu setelah melakukan stretching, seseorang akan lebih jarang mengalami rasa sakit di pada otot tubuh.

Stretching Mampu Meredakan Stres

Tidak dipungkiri jika lelah secara mental sejak pagi dapat berakibat buruk sepanjang hari. Padahal melaksanakan pekerjaan disertai stres, tidak dapat memberikan hasil positif. Rupanya stretching di pagi hari dapat membuat peredaran darah ke otak menjadi lebih lancar. Seseorang akhirnya bisa berpikir lebih jernih, sehingga stres pun menjadi hilang.

Stretching Mampu Meningkatkan Koordinasi Anggota Tubuh

Stretching dapat membuat otot menjadi lentur, sehingga dapat menciptakan keseimbangan pada anggota tubuh. Koordinasi dan keseimbangan dapat membuat seseorang bergerak lebih terarah. Risiko cedera karena jatuh jadi jauh lebih rendah, khususnya saat seseorang telah beranjak tua.

Uraian di atas menjadi bukti bahwa stretching setelah bangun tidur memiliki manfaat yang cukup baik bagi tubuh. Lantas bagaimana cara-cara stretching yang bisa dilakukan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah stretching yang bisa dilakukan setelah bangun tidur.

Stretching pada Leher

  1. Tekuk leher ke sisi kiri dan kanan kurang lebih 30 detik. Kemudian ulangi gerakan ini beberapa kali guna melemaskan otot leher dan bahu.
  2. Tekuk leher ke sisi belakang dan depan. Seseorang juga bisa menempelkan dagu di dada, lantas tahan dalam 30 detik. Semua gerakan ini bermanfaat guna melepaskan ketegangan di leher, kepala, pinggul serta punggung

Stretching  pada Tulang belakang

  1. Berbaring dan memutar punggung ke satu sisi, kiri atau kanan. Kemudian tahan selama beberapa detik dan ulangi pada sisi lainnya.
  2. Duduk lantas tempatkan satu tangan pada paha, kemudian putar pinggang ke satu sisi dalam beberapa detik. Apabila sudah, ulangi dengan sisi lainnya.

Stretching pada Kaki

  1. Berdiri dengan satu kaki, lantas tekuk kaki dengan gerakan santai. Kemudian lanjutkan dengan satu kaki lainnya.
  2. Berdiri tegak kemudian membungkuk, hingga menyentuh jari-jari kaki. Peregangan ini bermanfaat untuk paha belakang dan punggung bawah, guna membantu kesehatan tulang belakang. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here