Manfaat Sunat (Khitan) untuk Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com –┬áSebuah penelitian di Turki tahun 2004 menyebutkan, fungsi seksual sebelum dan sesudah sunat pada orang dewasa tidak berubah. Penelitian membuktikan, sunat mampu meningkatkan kepuasan seks serta mencegah penularan HIV/AIDS dan penyakit infeksi menular seksual lainnya. Angka disfungsi seksual pada pria yang disunat lebih sedikit lebih rendah dibanding mereka yang tidak disunat, terutama pada pria yang berusia di atas 50 tahun. Meski begitu, sunat bukan terapi untuk disfungsi ereksi.

Ereksi ini menyebabkan lebih mudah nyeri dan mengalami pendarahan. Semakin besar ukuran penis, semakin banyak pembuluh darah, makin tinggi pula resikonya, dan sembuh lebih lama. Butuh waktu sekitar 5-7 hari sampai lukanya kering. Itu pun kalau tanpa penyulit. Untuk menghindari pendarahan ini, dokter lebih sering menggunakan teknik laser atau electric cauter pada pria dewasa. Pemotongan memakai hantaran panas dari listrik ini dapat meminimalisir pendarahan.

Secara fisiologi pria dewasa lebih mudah ereksi sehingga ada risiko jahitannya bisa lepas. Untuk menyiasatinya, pasien disarankan mengalihkan perhatiannya agar tidak mudah ereksi sebelum lukanya sembuh.

Saat ini metode sunat sudah berkembang pesat. Selain metode konvensional, sudah ada cara sunat dengan electric cauter atau biasa disebut laser, dan juga metode clamp (penjepitan).

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebutkan, salah satu manfaat tindakan sunat adalah bisa menurunkan risiko penularan HIV pada pria dan penularan infeksi menular seksual.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY