Manfaat Tahu Bagi Kesehatan Tubuh

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa yang tidak mengenal tahu. Tahu merupakan bahan makanan olahan yang mudah ditemukan di Indonesia. Banyak orang yang menyukai tahu karena rasanya yang nikmat serta harganya yang terjangkau. Tahu bisa diolah menjadi berbagai macam masakan lezat seperti semur tahu, pepes tahu, tumis tahu atau yang paling sederhana adalah tahu goreng.

Walaupun terlihat sederhana, namun proses pembuatan tahu sendiri terbilang cukup rumit. Tahu terbuat dari kedelai yang diolah dengan proses yang cukup panjang. Mulai dari proses perendaman, pencucian, penggilingan, perebusan hingga pencetakan kedelai menjadi tahu yang biasa kita olah. Meskipun begitu, proses yang panjang tersebut terbayar dengan kelezatan dan manfaat yang dapat kita peroleh dari tahu.

Karena bahan baku tahu yang berasal dari kedelai, maka tahu memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Tahu memiliki kandungan seperti protein, lemak, vitamin B12, vitamin E, mineral, kalsium, kalium dan masih banyak lagi. Berikut di bawah ini adalah manfaat tahu untuk kesehatan:

  1. Mengurangi risiko penyakit kanker

Terbuat dari kedelai, tahu mengandung senyawa isoflavon  yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker. Isflavon yang juga disebut phytoestrogen tersebut merupakan jenis flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari racun.

Selain mengurangi risiko penyakit kanker, isoflavon juga bermanfaat untuk menurunkan kolestrol jahat, memperlambat penuaan pada perempuan dan mengurangi gejala menopause.

  1. Baik bagi kesehatan tulang

Kandungan kalium dan kalsium dalam tahu bermanfaat untuk kesehatan tulang. Tubuh kita memerlukan asupan kalsium yang cukup untuk mencegah osteoporosis dan penuaan karena tulang yang rapuh. Dengan rutin mengonsumsi tahu, risiko tersebut dapat dikurangi.

  1. Mengurangi risiko diabetes

Diabetes tidak dapat disembuhkan, namun kita dapat berusaha untuk mengurangi risiko penyakit tersebut dengan mengonsumsi tahu. Tahu bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi karena di dalam tahu terdapat banyak sumber gizi protein.

  1. Menurunkan berat badan

Berita gembira untuk Anda yang sedang dalam program diet karena tahu dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan berlebih. Hal tersebut dikarenakan tahu memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang rendah. Selain itu, tahu juga mengandung protein nabati yang tinggi yang berperan untuk memberikan rasa kenyang lebih lama.

  1. Mencegah anemia

Apabila Anda merasa mudah lelah, lemah dan lesu, mudah mengantuk bahkan sering pingsan, mungkin Anda menderita anemia. Anemia atau yang sering dikenal dengan istilah kurang darah ini dapat dicegah dengan konsumsi tahu. Tahu kaya akan zat besi yang dapat mencegah anemia.

Setelah mengetahui banyak sekali manfaat tahu bagi kesehatan tubuh kita, pastikan tahu menjadi salah satu menu pilihan untuk keluarga Anda. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY