Manfaat Tanaman Kumis Kucing Mengobati Infeksi Saluran Kencing

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Infeksi saluran kencing atau yang disebut juga dengan infeksi kandung kemih adalah suatu infeksi yang tentunya terjadi pada saluran perkemihan akibat adanya infeksi dari bakteri. Infeksi saluran kencing ini dapat berbahaya jika infeksinya sudah menyebar ke organ lain contohnya ke ginjal.

Gejala infeksi saluran kencing ini ternyata berbeda pada orang dewasa dan anak-anak. Pada orang dewasa gejala yang dirasakan berupa rasa nyeri pada perut dan punggung bagian bawah, tubuh demam dan lemah, sering buang air kecil dengan jumlah yang sedikit, air kencing bercampur darah, urine berwarna pekat dan aromanya kuat. Sedangkan pada anak-anak gejala infeksi saluran kencing berupa lemas, mudah murah, nafsu makan berkurang, muntah dan merasa sakit saat buang air kecil.

Populasi orang yang terinfeksi bakteri penyebab infeksi saluran kencing ini lebih sering pada wanita dibanding pria karena perbedaan panjang saluran uretra pada pria dan wanita. Uretra atau saluran yang mebawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh pada wanita lebih pendek dari pria dan juga lubang uretranya dekat dengan anus sehingga kemungkinan infeksi saluran kencingnya lebih besar. Namun, pria juga perlu berhati-hati.

Rasa yang tidak nyaman akibat infeksi saluran kencing membuat penderitanya mencari berbagai cara agar ceoat sembuh. Selain dengan cara medis atau minum obat dan pemeriksaan pada fasilitas kesehatan. Ternyata menggunakan tanaman kumis kucing juga dapat bermanfaat untuk mengobati infeksi saluran kencing yang anda derita.

Tanaman kumis kucing yang memiliki nama latin Orthosiphon Grandiflarus ini mengandung kadar kalium yang tinggi dan juga glikosida orthosiponin sehingga dapat membantu menyembuhkan infeksi saluran kencing. Selain itu, kandungan dalam tanaman kumis kucing juga bisa menurunkan kadar asam urat fosfat, dan oksalat dalam tubuh manusia.

Bagian tanaman kumis kucing yang bermanfaat untuk mengobati infeksi saluran kencing adalah daunnya. Untuk menggunakan tanaman kumis kucing sebagai obat infeksi saluran kencing, anda bisa menggunakan cara berikut  yaitu dengan mengambil atau memetik daun Kumis Kucing, Meniran, dan akar Alang-alang masing-masing 30 gram.  Ketiga bahan tersebut dicuci sampai bersih, dipotong-potong seperlunya lalu direbus dalam tiga gelas air.  Biarkan sampai mendidih, hingga hanya tersisa setengah dari volume awal.  Minum air ramuan tersebut sebanyak setengah gelas, dengan frekuensi tiga kali sehari. Ini salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mengonsumsi tanaman kumis kucing sebagai obat infeksi saluran kencing. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here