Manfaat Tauge untuk Diet

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang mengalami masalah dengan berat badan. Masalah ini sering kali menimbulkan beberapa gangguan lain pada tubuh. Selain mengganggu penampilan, kelebihan berat bada juga mampu menyebabkan timbulnya masalah kesehatan lain, seperti stroke, diabetes, jantung dan lainnya. Tentunya kita tidak ingin jika masalah kesehatan tersebut sampai terjadi pada tubuh kita, oleh karena itu banyak orang berusaha untuk menurunkan berat badan dengan bebrbagai cara seperti berolahraga dan diet.

Bagi Anda yang sedang melakukan diet makanan, kali ini kita akan membahas mengenai makanan yng dapat membantu proses diet Anda. Salah satu makanan yang dapat membantu diet Anda adalah dengan mengonsumsi tauge. Apa manfaat dan bagaimana tauge bisa membantu proses diet?

Kita sering menjumpai banyak jenis tauge, namun jenis tauge yang paling banyak dijumpai adalah tauge dari kacang hijau. Sebuah jurnal dari Plant Foods for Human Nutritio mengatakan bahwa tauge yang berasal dari kacang hijau terbukti memiliki kandungan fenolik dan antioksidan total yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji kacang hijau biasa.

Beberapa jenis dan tips diet sering merekomendasikan tauge sebagi menu untuk makanan sehat. Jumlah kalori makananĀ  yang terdapat pada satu porsi tauge adalah 30 kalori. Sementara itu, seporsi tauge mengandung 2 gram lemak, 4 gram protein, dan 6 gram karbohidrat. Hal tersebut dikarenakan tauge mengandung enzim yang cukup tinggi serta bebas kolesterol.

Beberapa manfaat tauge untuk membantu proses diet Anda antara lain:

  • Mengandung banyak serat. Tauge mengandung sekitar 7,6 gram serat. Serat sangat penting untuk sistem pencernaan Anda dan juga bagi mereka yang menderita sembelit.
  • Mengontrol rasa lapar. Karena kecambah atau tauge mengandung serat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi tauge akan cepat mengisi perut Anda dan memberi rasa kenyang lebih awal. Tentunya ini akan mengurangi rasa lapar dan mencegah Anda dari ngemil.
  • Rendah kalori. Semangkuk berisi 100 gram kecambah hanya mengandung sekitar 100 kalori. Jadi, semangkuk kecambah tidak hanya memberikan semua nutrisi penting, tetapi juga tidak akan membuat Anda kelebihan kalori
  • Kaya vitamin dan mineral. Kecambah merupakan sumber vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Dalam 100 gram kecambah akan memberikan 40% dari asupan penting vitamin B9 harian Anda. Kecambah juga mengandung Vitamin B5, Vitamin B6 dan Vitamin B1 dalam jumlah yang banyak.
  • Rendah lemak. Perlu Anda ketahui jika 100 gram tauge hanya mengandung sekitar 0.38 gram lemak. Oleh karena itu mengkonsumsi tauge akan membuat Anda terhindar dari lemak yang berlebih.
  • Tinggi protein. Tauge mempunyai kandungan protein yang tinggi, satu gelas kecambah mengandung sebanyak 14 gram protein. Banyak penelitian menunjukkan bahwa asupan protein yang tinggi dapat mengurangi kadar lemak lebih cepat. Protein memainkan peran penting dalam memperbaiki jaringan, merangsang pertumbuhan rambut dan banyak manfaat lainnya
  • Menurunkan kolesterol. Tauge dapat mengurangi kadar kolesterol darah secara signifikan. Dengan menurunkan kadar kolesterol, berarti juga mengurangi masalah jantung. yang juga membantu menjaga berat badan.
  • Menghilangkan racun dalam tubuh. Tauge memliliki kandungan klorofil yang dapat membersihkan dan memberi oksigen pada tubuh Anda. Enzim dalam tauge membantu pencernaan nutrisi sedangkan kandungan serat bertugas menurunkan kadar kolesterol darah. Semua zat terebut dapat membantu dalam detoksifikasi tubuh untuk menurunkan berat badan.

Tentunya selain dengan mengkonsumsi tauge, untuk membantu menurunkan berat badan Anda harus disertai dengan pola hidup yang sehat dan teratur agar proses diet Anda semakin maksimal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY