Manfaat Tauge untuk Kecantikan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kecambah atau tauge adalah biji yang mulai berkembang untuk menjadi tumbuhan. Proses biji menjadi kecambah ini akan membuat kacang dan biji-bijian akan lebih mudah dicerna dan meningkatkan kandungan gizi di dalamnya.

Sudah sejak lama diketahui tauge mempunyai manfaat yang sangat banyak, khususnya untuk kecantikan, ini karena tauge mengandung banyak vitamin E yang baik untuk kulit. Wanita umumnya sangat resah dengan kulit kasarnya. Anda tidak perlu khawatir lagi karena tauge mampu menggantinya dengan kulit halus nan alami. Tauge memiliki kandungan vitamin E yang tinggi berguna untuk menghaluskan serta mencerahkan kulit, karena salah satu manfaat vitamin E adalah dapat meregenerasi sel-sel kulit yang mati setiap harinya.

Vitamin E yang merupakan salah satu kandungan dari tauge merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Mengkonsumsi vitamin ini secara teratur, otomatis kulit akan lebih cerah dan lebih bersinar.

Tauge yang berbahan dasar kacang juga dipercaya kaya protein, protein yang utama dan esensial sangat bagus untuk pergantian kulit. Sel-sel yang rusak memerlukan pergantian dan sangat membutuhkan protein. Semua jenis kacang-kacangan, seperti kacang hijau kulitnya bisa dimakan karena seratnya yang tinggi. mengkonsumsi kacang hijau dengan kulitnya, otomatis lemak di usus akan terikat oleh si serat sehingga tidak terserap. Otomatis kalau lemak berkurang kulit menjadi lebih halus, dan tidak mudah berjerawat.

Selain itu juga tauge mengandung beberapa vitamin dan mineral, oleh karenanya tauge sangat bagus untuk kecerahan kulit, membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menyembuhkan jerawat dan menghilangkan vlek-vlek di wajah akibat jerawat, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah dengan adanya pergantian sel-sel baru pada kulit wajah, juga dapat menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

Selain manfaat tauge diatas masih ada manfaat lain tauge untuk kecantikan, antara lain:

  • Awet muda. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyebaran sel kanker.
  • Rambut dan kuku kerapuhan. Rambut dan kuku yang mengalami kerapuhan sering kali merupakan akibat dari kekurangan gizi tertentu, terutama protein, vitamin dan seng. Tauge mengandung nutrisi dalam jumlah yang tinggi dari semua nutrisi dalam bentuk tersedia, dan karenanya tauge sangat membantu dalam mencegah dan mengobati masalah rambut dan kuku.
  • Efek skin anti-aging. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa phytoestrogen yang ditemukan dalam tauge kacang hijau bertindak sebagai estrogen-reseptor yang ditemukan di kulit, merangsang sintesis asam hyaluronic, kolagen dan elastin, yang merupakan komponen penting dari struktur kulit. Oleh karena itu, tauge dapat membantu mencegah perubahan kulit yang berkaitan dengan usia, termasuk elastisitas dan kehilangan kelembaban.

Selain dapat dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya untuk kecantikan tauge juga dapat diolah menjadi lulur, caranya cukup mudah, yaitu: carilah tauge yang masih pendek yang berumur sekitar 2 hari, lalu haluskan dengan cara mengerusnya. lalu lulurkan ke bagian kulit yang diinginkan dan tunggulah sampai kering, kemudian bilas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY