Manfaat Teh Hitam Dapat Menurunkan Berat Badan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com  Sudah banyak referensi yang menyebutkan bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas bagaimana dengan teh hitam, apakah ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Artikel berikut ini akan memaparkan manfaat teh hitam bagi kesehatan, khususnya dalam menurunkan berat badan.

Manfaat teh hitam dalam menurunkan berat badan

Seperti yang diketahui jika di dalam tumbuhan terdapat antioksidan yang disebut polifenol atau flavonoid. Senyawa tersebut juga terdapat dalam teh hitam yang tentu saja memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang.

Hampir semua jenis teh terbuat dari daun tanaman yang sama, sekaligus mengandung flavonoid yang diistilahkan katekin. Sementara itu di dalam teh hijau, flavonoid yang paling dominan adalah katekin. Ketika daun teh diproses guna menghasilkan teh hitam, katekin akan membentuk flavonoid baru menjadi thearubigin dan theaflavin.

Sebenarnya teh hitam masih memiliki kandungan sedikit katekin, namun manfaat kesehatan yang terbesar justru hadir dari flavonoid baru yang sudah terbentuk. Dari berbagai penelitian membuktikan bahwa teh hitam mempunyai manfaat dalam menurunkan berat badan seseorang.

Metabolisme yang turut membantu penurunan berat badan

Seseorang saat meminum satu cangkir teh hitam, akan mendapatkan 30 hingga 80 mg kafein. Setidaknya tubuh membutuhkan sekitar 50 mg kafein guna meningkatkan energi yang dibakar tubuh ketika seseorang beristirahat.

Kafein yang terdapat dalam teh hitam dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 6 persen. Selain itu kafein juga dapat mendorong lipolisis yakni sebuah proses pemecahan lemak tubuh dan merangsang siklus pada tubuh dalam memetabolisme lemak.

Kafein pada teh hitam juga dapat mempertahankan penurunan berat badan seseorang dalam jangka waktu lama. Hanya saja kandungan kafein yang terlampau banyak juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu seseorang perlu membatasi konsumsi teh hitam dalam satu hari, maksimal lima cangkir.

Pengurangan kalori turut membantu penurunan berat badan

Rupanya teh hitam dapat membantu dalam menurunkan berat badan, apabila diminum sebagai pengganti asupan berkalori tinggi. Pasalnya secangkir teh hitam diperkirakan hanya memiliki kandungan dua kalori. Meskipun teh hitam ditambahkan satu sendok madu, ternyata kalori yang dikandungnya hanya sekitar 23 kalori.

Alhasil jika seseorang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minuman manis setiap hari, maka gantilah kebiasaan tersebut dengan teh hitam tanpa gula. Tujuannya agar bisa mengurangi sejumlah besar asupan kalori harian yang masuk dalam tubuh.

Guna menjaga berat badan agar tidak cepat gemuk, minumlah teh hitam sebelum makan. Dengan demikian perut bisa merasa lebih kenyang, sehingga membuat seseorang akan makan dalam jumlah yang sedikit. Bagi Pembaca yang kebetulan sedang menjalani program diet, maka teh hitam disarankan untuk menjadi menu minuman sehari-hari. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here