Manfaat Telur untuk Kulit

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penggunaan putih telur untuk masker wajah tentu bukan tanpa alasan. Zat-zat yang terkandung di dalamnya mampu mengatasi berbagai permasalahan pada wajah mulai dari komedo, jerawat, mengecilkan pori-pori kulit, membuat kulit wajah lebih kencang dan awet muda, mengatasi kulit kering, berminyak hingga mencerahkan wajah.

Masker putih telur juga dapat digunakan untuk perawatan keindahan rambut. Cara pemakaiannya sama, yaitu digunakan sebagai masker rambut. Untuk merawat rambut, bisa langsung mengaplikasikan putih telur yang sudah dicampur dengan air pada rambut seperti menggunakan hair tonic.

Sementara untuk pembuatan masker rambut, caranya sedikit berbeda. Kocok putih telur hingga mengembang, atau sampai berbusa putih kaku. Aplikasikan pada rambut, biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air dingin. Untuk menghilangkan bau amis, keramas menggunakan shampo seperti biasa.

Berikut beberapa manfaat telur untuk kulit:

  • Menghaluskan Kulit

Telur mengandung protein yang tinggi, khususnya pada putih telurnya. Cukup campurkan putih telur dengan yogurt kemudian oleskan pada kulit yang diinginkan, bisa diwajah maupun ditangan dan kaki

  • Pelembab Rambut

Kandungan protein yang ada ditelur juga dapat digunakan untuk menjadi pelembab rambut. Tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia, cukup menggunakan putih telur saja rambut bisa lebih lembab dan sehat. Cukup oleskan putih telur pada rambut, tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan shampo supaya efeknya lebih segar dan cepat.

  • Menghilangkan Minyak di Wajah

Salah satu cara menghilangkan minyak pada wajah yaitu dengan vitamin E, dan vitamin itu bisa dapatkan dari telur. Caranya cukup mudah, seperti cara diatas cukup mengambilkan putih telur dan tinggal oleskan pada wajah, namun dapat juga menambahkan bedak cendana/bubuk cendana yang terbukti juga bagus untuk menutup pori-pori kulit yang besar dan mengeluarkan minyak.

  • Menghilangkan Jerawat

Selain untuk menghilangkan minyak di wajah, putih telur juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat yang ada diwajah. Hal ini dikarenakan kandungan asam amino dan protein pada putih telur baik untuk menghilangkan jerawat. Caranya, cukup oleskan masker putih telur pada wajah, lalu biarkan kurang lebih 20 30 menit.

  • Menyembuhkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Protein juga berfungsi untuk meregenisasi sel kulit yang mati, sehingga dapat menggunakan putih telur untuk menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Caranya cukup campurkan putih telur dengan lemon dan madu, kemudian oleskan pada kulit yang terbakar.

  • Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Jika kurang tidur, biasanya akan menyebabkan lingkaran hitam dibawah mata. Sebenarnya hal itu dapat dihilangkan dengan putih telur. Cukup siapkan masker putih telur kemudian oleskan pada bawah mata, untuk mendapatkan sensasi segar dapat menambahkan timun tepat diatas olesan tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY