Manfaat Tetap Berolahraga Meski Sedang Berpuasa

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Meski sedang menjalankan ibadah puasa, bukan berarti seseorang harus meninggalkan rutinitas berolahraga. Bagi orang-orang yang jarang berolahraga, kekhawatiran mengalami penurunan stamina pasti akan menghinggapi. Namun bagi orang yang rutin berolahraga, puasa bukanlah suatu halangan.

Ketika sedang menjalani ibadah puasa kondisi tubuh tidak seperti hari-hari biasa. Perut yang kosong menyebabkan seseorang kurang bertenaga. Namun kondisi tersebut tidak boleh menghalangi seseorang untuk tetap melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Terlebih melakukan olahraga memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan, tidak terkecuali bagi yang sedang menjalani puasa.

Berolahraga bagi seseorang yang sedang berpuasa memiliki tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Lakukanlah olahraga yang ringan-ringan, tidak perlu menjalani olahraga yang terlalu berat. Olahraga ringan yang dimaksud seperti senam atau peregangan (stretching). Namun bila seseorang masih memiliki kekuatan, boleh juga berjalan kaki atau jogging sekitar 20 menit.

Kenapa tidak boleh melakukan aktivitas olahraga yang berat saat sedang berpuasa? Olahraga berat bisa saja menguras tenaga, sehingga mengakibatkan tubuh menjadi sangat lemas. Keringat yang keluar juga dapat mengakibatkan dehidrasi. Alhasil lakukanlah olahraga sewajarnya, yang penting tubuh memiliki aktivitas fisik.

Waktu yang tepat untuk berolahraga bagi seseorang yang sedang berpuasa adalah di sore hari. Seseorang jangan melakukan olahraga di pagi atau siang hari, karena tenaga yang didapatkan ketika makan sahur bisa saja habis sebelum waktu berbuka tiba. Tubuh akan kelelahan dan dehidrasi, sehingga mengganggu aktivitas pekerjaan yang lainnya. Lantas apa saja manfaat berolahraga bagi seseorang yang sedang berpuasa?

Olahraga mampu membantu detoksifikasi tubuh agar lancar

Pengeluaran racun dari dalam tubuh (detoksifikasi) akan terjadi ketika sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Seseorang ketika menjalani ibadah puasa, maka sistem pencernaan sedang mengalami fase istirahat. Berolahraga ketika berpuasa dapat memaksimalkan fungsi kelenjar getah bening dan sirkulasi darah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan detoksifikasi di dalam tubuh berjalan baik.

Olahraga mampu mengusir rasa malas

Tidak dipungkiri jika berpuasa dapat mengakibatkan seseorang lemas dan mengantuk akibat tidak menjalani aktivitas fisik berat. Guna mengatasi hal tersebut, lakukanlah aktivitas olahraga. Seseorang tidak perlu melakukan gerakan olahraga yang berat, namun cukup yang ringan-ringan saja.

Olahraga mampu mengubah lemak dalam tubuh atau energi cadangan menjadi glukosa. Kemudian glukosa tersebut akan mengatasi rasa letih, lesu, lemas, hingga mengantuk. Selama melakukan olahraga tubuh juga melepaskan hormon endorfin. Hormon tersebut akan membuat seseorang merasa bersemangat.

Olahraga mampu menurunkan berat badan

Banyak kasus yang menunjukan bahwa puasa justru menaikkan berat badan seseorang. Hal tersebut dikarenakan nafsu makan yang tidak terkontrol ketika berbuka puasa. Namun bagi seseorang  yang rutin berolahraga, fungsi organ tubuh tetap berjalan normal. Disinilah salah satu manfaat berolahraga saat menjalani puasa, yakni mampu menjaga berat badan agar tetap ideal. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY