Manfaat untuk Kesehatan dari Mandi Kembang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dalam budaya memiliki berbagai macam adat istiadat salah satunya tradisi mandi kembang. Nah bagi masyarakat jawa mandi kembang adalah sebuah ritual siraman. Biasanya untuk calon pengantin dan pada wanita hamil dalam menjalankan serangkaian ritual demi keselamatan dan kebahgiaan calon cabang bayinya. Dan salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan yaitu mandi kembang dan apa kah mandi kembang mempengaruhi kesehatan kita?

Menurut Tom Suhalim, sari bunga adalah salah satu terapi yang cocok digunakan untuk wanita agar tubuhnya menjadi wangi dan terasa lembut, mood kembali stabil dan pikiranpun terasa lebih tenang. Nah oleh sebab itu terapi dengan menggunakan mandi kembang sering dipilih untuk mengatasi stres, depresi, kecemasan berlebihan serta sejumlah gangguan psikologis lainnya. Terapi dengan menggunakan bunga tidak akan menimbulkan efeksamping bagi kesehatan termasuk jika tradis tersebut digunakan untuk seorang pengantin atau wanita yang sedang hamil. Kesimpulannya kita harus berfikir positif jika mandi kembang semata untuk menyegarkanbadan dan membuat badan anda lebih harum.

Setiap bunga memiliki berbagai macam jenis dan aroma yang berbeda-beda dan memiliki manfaat lainnya. Jenis bunga yang cocok digunakan untuk mandi kembang yaitu bunga mawar merah, mawar putih, kenanga, lili dan anggrek ungu, karena memiliki oroma yang sangat harum, aneka bunga ini dapat membuat kulit anda juga lebih sehat.

  1. Bunga mawar

Bunga mawar adalah salah satu yang paling sering digunakan untuk mandi. Kandungan vitamin, mineral dan minyak esensial pada bunga ini pasti membuat kulit anda  semakin sehat dan cerah. Bunga Mawar ini mengandung zat anti bakteri alami yang menjaga kelembapan kulit, mencegah kontaminasi kuman serta mempercepat sembuhnya peradangan dan luka.

  1. Bunga melati

Nah yang satu ini adalah bunga melati yang tak kalah harumnya dibandingkan bunga mawar, bunga putih dankecil ini aroma nya sangat menyengat dan membantu menghilangkan flek hitam, menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat menjadi hilang jika digunakan untuk mandi secara teratur.

  1. Bunga kenanga

Bunga ini berbentuk seperti bintang laut dan memiliki warna hijau kekuningan, bunga ini juga memiliki kandungan minyak atsiri. Kandungan minyak atsiri ini dapat meningkatkan perasaan senang dan tenang dan menghilangkan perasaan pusing, cemas, gelisah maupun marah.

Dan banyak lagi bunga-bunga yang lainnya yang memiliki khasiat yang sama. Dan inilah cara membuat campuran untuk mandi kembang seperti :

Anda dapat siapkan air dan campurkan bunga untuk direndam. Dan letakan rendaman  bunga selama 4 jam dibawah terik matahari sehingga bunga tersebut benar-benar layu, lalu anda dapat segera menggunakan air bunga tersebut untuk mandi seperti biasanya. Dan basuhkan air bunga tersebut ke seluruh tubuh anda sambil di gosong-gosokkan dengan lebut menggunakan kedua tangan anda. Aroma bunga yang wangi akan membuat anda lebih rileks, dan akan menghaluskan kulit anda dan mengharumkan tubuh anda. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here