Manfaat Video Game Untuk Kesehatan Mental Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika bermain video game memberikan efek samping bagi remaja. Pasalnya remaja bisa mengalami kecanduan bermain game, sehingga bisa mempengaruhi prestasi belajarnya di sekolah. Namun tahukah pembaca jika bermain video game juga bermanfaat untuk membentuk mental?

Dampak positif dan negatif video game

Bermain video game yang berlebihan memang sangat memberikan dampak negatif bagi remaja. Di antaranya adalah menyebabkan kecanduan, agresi, depresi, hingga kemalasan secara intelektual. Remaja menjadi lebih bergairah dalam bermain game, sehingga melupakan aktivitas belajarnya.

Hanya saja selain memiliki dampak buruk, bermain video game juga bisa menghadirkan efek positif. Di antaranya membantu remaja dalam mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah. Secara positif hal ini sangat bermanfaat bagi pola pikir remaja untuk kuat dalam memecahkan masalah terkait pembelajaran.

Video game membentuk pola pikir dan mental yang positif

Semakin sering remaja bermain video game bertema strategi, maka dapat berdampak positif pada kemampuan pola pikir dan mental dalam pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari. Apalagi kreativitas remaja juga meningkat, seiring dengan memainkan berbagai jenis video game.

Game-game sederhana bisa membangkitkan suasana hati remaja, menghadirkan relaksasi, hingga mengatasi kecemasan. Jika bermain video game dapat menghadirkan kebahagiaan, maka manfaat emosional sudah terwujud.

Selain itu bermain video game juga bisa menjadi sarana efektif dalam menghadirkan ketahanan ketika menghadapi kegagalan. Dengan belajar mengatasi kegagalan dalam permainan video game, setidaknya remaja bisa menghasilkan ketahanan emosional yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Dewasa ini video game online juga memiliki kelebihan untuk bermain secara universal. Itu artinya membuka peluang bagi remaja untuk berinteraksi dengan jutaan orang di penjuru dunia. Multiplayer game bisa menjadi komunitas sosial virtual, yang juga memiliki manfaat positif bagi mental remaja.

Bermain video game dapat meningkatkan keterampilan remaja

Remaja yang gemar bermain video game dalam batas kewajaran, akan mengingat secara detail hal-hal terpenting dari permainan tersebut. Kemudian remaja tersebut memiliki keinginan untuk memperbaiki catatan waktu (rekor) yang dibuat. Hal itulah yang menyebabkan bermain video game dapat meningkatkan keterampilan remaja.

Bermain video game dapat mengatasi depresi

Bermain video game bisa mengatasi depresi yang sedang dialami remaja. Pasalnya video game akan mengaktifkan sistem-sistem syaraf parasimpatis sehingga bisa mengurangi tekanan yang menyebabkan stres.

Bermain video game dapat membantu dalam mengontrol dunia khayal

Remaja yang bermain video game, secara tidak langsung sedang berlatih mengontrol mimpi atau khayalannya. Saat bermain video game, remaja bisa mengontrol lingkungan sehingga menciptakan kestabilan emosi.

Bermain video game dapat meningkatkan kemampuan visual

Bermain video game tidak hanya membuat remaja lebih jeli, namun juga dapat meningkatkan kemampuan untuk mempertahankan fokusnya yang sedang diincar. Namun bermain video game tidak boleh melebihi batas waktu maksimal dalam satu hari, karena juga bisa merusak pengelihatan. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here