Manfaat Vitamin D untuk Seksual dan Kesuburan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pasangan suami istri yang sudah menikah tentu saja mengidam-idamkan untuk mempunyai keturunan, bagi Anda yang sulit untuk mendapatkan keturunan hingga kini mungkin dikarenakan faktor kurangnya asupan vitamin D pada tubuh.

Manfaat vitamin D selain untuk kesehatan tulang dan gigi ternyata juga bermanfaat untuk seksual dan kesuburan, para peneliti mengemukakan bahwa kandungan vitamin D di dalam sinar matahari juga berguna untuk seksual dan kesuburan. Vitamin D dapat menyeimbangkan hormon seks pada perempuan, dan memperbaiki jumlah sperma pada laki-laki. Namun, jika seseorang mengalami penurunan Vitamin D, maka ini juga akan menurunkan tingkat kesuburan lebih dari 70%. Hal ini dikarenakan vitamin D sebenarnya memiliki fungsi yang sangat berperan dalam system metabolism dan kalsium yang ada pada jaringan reproduksi manusia. Bagi wanita yang tidak terkena sinar matahari juga akan cenderung berovulasi lebih sedikit dan peluang sel telur untuk tertanam pada rahim akan berkurang.

Begitu pentingnya vitamin D untuk seksual dan keuburan membuat banyak pasangan suami istri untuk melakukan perawatan kesuburan, salah satunya adalah dengan terapi matahari untuk meningkatkan kesuburan, cara ini pun dinilai adalah cara yang paling aman karena tidak menggunakan bahan kimia. Para pasangan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak dalam terapi ini cukup berjemur dibawah sinar matahari selama 10 menit antara pukul 6 – 10 pagi karena pada saat ini matahari sedang mengeluarkan sinar yang sangat baik untuk tubuh. Terapi ini menjadi salah satu cara karena sinar matahari sendiri mengandung 80% vitamin D maka hanya dengan berjemur saja Anda sudah mendapatkan banyak asupan vitamin D untuk tubuh.  Sinar matahari mengambil 80% dari kebutuhan tubuh kita didapatkan dari proses kimiawi yang terjadi ketika sinar UVB diserap oleh kulit

Vitamin D adalah grup vitamin yang larut dalam lemak Prohormon. Vitamin D mempunyai 2 jenis aktif yaitu D2 atau dikenal juga dengan nama ergokalsiferol yang berasal dari turunan senyawa kolesterol, D2 banyak ditemukan pada ragi dan tanaman, contohnya adalah bayam, kacang edelai, jamur shitake, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kemudian D3 atau (kolekalsiferol) sendiri terdapat dalam minyak hati ikan, susu, kuning telur, daging, sinar matahari dan masih banyak lagi yang lainnya.

Vitamin D pada dasarnya dapat dihasilkan oleh tubuh dari penyerapan sinar matahari oleh kulit. Tetapi untuk mendapatkan vitamin D yang cukup, maka tubuh harus mendapatkan asupan dari berbagai jenis makanan. Kadar kebutuhan vitamin D per hari sesuai standar adalah 200 IU (anak-anak dan dewasa), 400 IU (usia 51-70 tahun) dan 600 IU (usia lebih dari 70 tahun). Semakin bertambahnya usia maka membutuhkan asupan vitamin D yang lebih tinggi.

Maka mulai sekarang jangan lagi takut untuk terkena sinar matahari karena ini adalah salah satu sumber vitamin D yang cukup tinggi, fungsi vitamin D juga berpengaruh untuk seksual dan kesuburan bagi pria maupun wanita. namun, jika Anda sedang melakukan perawatan kesuburan ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter Anda agar tidak kelebihan dalam mengkonsumsi vitamin D karena sesuatu yang berlebihan pasti akan membawa dampak buruk kedepannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY