Manfaat yang Didapat Jika Ibu Hamil Rajin Senam Wajah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan memang merupakan momen yang membahagiakan bagi wanita. Tapi, seiring bertambahnya usia kehamilan, ibu hamil akan mengalami perubahan fisik maupun psikis yang tak jarang menjadi ketidaknyaman. Ini seperti sakit kepala, nyeri punggung, dan kaki bengkak. Karenanya, untuk mengurangi keluhan-keluhan tersebut, ibu hamil disarankan untuk tetap berolahraga dengan jenis dan intensitas olahraga yang disesuaikan kondisi masing-masing. Ibu hamil bisa rutin melakukan olahraga sederhana, seperti jalan kaki. Atau bisa pula senam wajah. Meski sangat sederhana, senam wajah ternyata bermanfaat baik untuk ibu hamil.

Memperbaiki tampilan kulit

Fluktuasi hormon saat hamil dapat memicu masalah kulit, seperti jerawat dan bercak hitam pada bagian pipi, kening, bibir, dan hidung (chloasma). Kosmetik mungkin dapat membantu, namun kandungannya belum tentu aman bagi janin. Salah satu cara alternatif untuk mengatasi masalah kulit, khususnya pada wajah, saat hamil adalah dengan rajin senam wajah. Gerakan yang dilakukan saat senam wajah dapat membantu merangsang produksi kolagen dan meningkatkan aliran darah ke kulit. Hal ini dapat meningkatkan kekencangan dan memperbaiki warna kulit. Sirkulasi darah yang lancar juga membantu mencegah timbulnya kerutan dan garis halus karena sel-sel kulit mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Selain itu, lemak berlebihan di pipi juga dapat berkurang.

Mengurangi tensi

Senam wajah juga dapat mengurangi stres atau tekanan pada area sinus, mata, dan kening. Tekanan pada area-area tersebut dapat memicu sakit kepala. Peningkatan sirkulasi darah berkat senam wajah dapat membuat tekanannya berkurang sehingga Anda pun akan merasa lebih rileks. Manfaat ini sangat membantu terutama jika Anda sebelum hamil memiliki nyeri leher kronis.

Mencegah kekakuan pada leher

Manfaat senam wajah tak hanya terbatas pada wajah saja, tapi juga mencegah kekakuan leher. Leher yang kaku dapat memicu nyeri punggung. Dengan demikian, senam wajah secara tidak langsung mengurangi risiko nyeri punggung yang kerap dikeluhkan ibu hamil seiring dengan ukuran perutnya yang semakin besar.

Mengurangi nyeri karena TMJ

TMJ (temporomandibular joint dysfunction) merupakan gangguan yang menyebabkan rasa sakit dan mengganggu pergerakan sendi dan otot-otot sekitar rahang. Senam wajah dapat melatih otot-otot wajah agar lebih kuat dan fleksibel sehingga mengurangi episode nyeri.

Manfaat senam wajah ini tak terduga bukan? Biayanya juga sangat murah. Anda hanya perlu meluangkan waktu beberapa menit dan melakukannya beberapa kali dalam sehari. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here