Manfaat yang Didapatkan Ibu Hamil dari Menjalankan Puasa Ramadhan

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa ibu yang sedang hamil memiliki dua pilihan untuk memustuska menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Pilihannya yaitu ibu dibolehkan mengikuti puasa ramadhan selama tidak membahayakan keadaan ibu dan janinnya. Serta ibu hamil juga boleh tidak menjalankan puasa ramadhan jika dirasa akan membahayakan keadaan bayi dan ibunya.

Dari kedua pilihan tersebut pasti ada manfaatnya masing-masing. Bagi ibu yang memilih tidak menjalankan mungkin dapat dengan mudah memenuhi nutrisi janinnya karena tetap bisa makan. Tapi bagaimana dengan ibu hamil yang berpuasa? Bagaimanakah sebenarnya manfaat puasa ramadhan bagi ibu hamil yang menjalankannya?

Berikut manfaat puasa ramadhan selama 30 hari bagi ibu hamil yang menjalankannya:

  1. Terhindar dari morning sickness

Morning sickness merupakan keadaan yang cukup meresahkan bagi kebanyakan ibu hamil. Karena selalu mual dan muntah setiap paginya. Bagi anda yang mengalami morning sickness ternyata puasa dapat menangkalnya.

  1. Metabolisme tubuh lancar

Saat puasa asupan makanan kedalam tubuh berkurang sehingga kinerja sistem pencernaan juga mengalami penurunan. Hal tersebut membuat metabolisme tubuh menjadi semakin lancar.

  1. Mencegah Obesitas

Dari dahulu hingga sekarang ibu hamil identik dengan kebiasaan ngidam setiap hamil. Tetapi dengan puasa, keadaan ngidam dan makan akan terkontrol sehingga dapat dijadikan tindakan dalam mencegah terjadinya obesitas.

  1. Membantu detoksifikasi

Ketika berpuasa tubuh ibu hamil akan sedikit mengonsumsi makanan maka saat itu terjadi proses detoksifikasi yaitu pembuangan racun pada tubuh.

  1. Menyeimbangkan zat kimia dalam darah

Puasa pada ibu hamil juga bermanfaat untuk membuat keseimbangan zat kimia yang ada di dalam tubuh. Hal tersebut membantu ibu hamil terhindar dari gangguan kehamilan.

  1. Mencegah sembelit

Selain morning sicks, masalah lain yang sering ditemui pada ibu hamil adalah sembelit. Tapi dengan puasa masalah sembelit dapat terselesaikan.

  1. Mengatur kadar gula darah

Menjaga kadar gula darah dalam tubuh bagi sebagian orang cukup sulit karena harus menjaga asupan seimbang agar tidak meningkatkan kadar gula tersebut. Dengan melakukan puasa dapat menstabilkan kadar gula darah yang berlaku juga pada ibu hamil.

  1. Mencegah adanya kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi ternyata tidak hanya menyerang orang-orang yang tidak hamil. Tetapi kadar kolesterol yang tinggi juga membahayakan keadaan ibu hamil. Untuk itu dengan melakukan puasa kolesterol pada tubuh ibu hamil akan rendah atau stabil. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY