Manfaat Yoga dan Meditasi Bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menerapkan gaya hidup sehat sangatlah penting agar kita memiliki kesehatan yang prima dan terhindar dari berbagai penyakit. Selain menjaga lingkungan tetap bersih dan mengatur asupan makanan, olahraga juga sangatlah penting. Mengatasi stress dan kepenatan karena pekerjaan dapat dibantu dengan yoga dan meditasi. Yoga dan meditasi ketika dipraktekkan bersama-sama dapat memperkuat koneksi antara tubuh dan pikiran serta meningkatkan kebugaran dan kesehatan secara keseluruhan. Yoga yang pada konsepnya berpusat pada ketenangan pikiran, dapat dijadikan semacam terapi mental bagi yang menjalankannya. Salah satu cara untuk mendapatkan ketenangan tenang adalah fokus dalam mengatur napas. Namun tak hanya itu, mempraktekkan olah napas juga menawarkan banyak manfaat yang menyehatkan tubuh dan jiwa.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh apabila Anda menjalankan yoga secara teratur :

  • Mengurangi stress

Latihan yoga secara teratur dapat membantu mengurangi respon stres dalam tubuh. Pengurangan respon inflamasi terhadap stres pada tubuh dapat meminimalkan risiko pengembangan kondisi yang berkaitan dengan stress seperti tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular. Meditasi juga merupakan peredam stres yang efektif untuk membantu mengurangi gangguan panik dan gangguan kecemasan. Praktisi yoga pada umumnya selalu menikmati kestabilan dan kebahagiaan emosional bahkan di tengah gejolak emosional dan kondisi stress. Latihan pernapasan pada yoga bisa menenangkan pikiran seseorang. Seseorang akan merasa lebih rileks sehingga perasaan cemas dan gelisah menjadi berkurang. Yoga yang disertai meditasi dapat menghilangkan kesedihan, ketakutan, dan kecemasan. Selain itu, gerakan yoga dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik dan pikiran lebih positif.

  • Meningkatkan fleksibilitas

Pekerjaan kantor dapat membuat Anda duduk sepanjang hari. Hal ini menyebabkan berkurangnya massa otot, kebugaran dan fleksibilitas. Selain itu, pekerjaan kantor juga berpotensi meningkatkan ketegangan di leher dan bahu akibat posisi badan yang terlalu membungkuk ke depan ketika menggunakan komputer sepanjang hari. Pose yoga berfokus pada peregangan dan memperpanjang otot. Peningkatan fleksibilitas dapat membantu mencegah sakit punggung dan nyeri. Yoga meningkatkan pelumasan ligamen sendi dan tendon, sehingga membuatnya fleksibel dan fungsional. Selain itu, yoga juga dapat membantu memperbaiki struktur dan postur tubuh menjadi lebih baik.

  • Meningkatkan kecerdasan

Salah satu komponen penting  dari yoga adalah berfokus pada keadaan sekarang. Penelitian menemukan bahwa latihan yoga secara teratur dapat meningkatkan koordinasi, reaksi, memori, dan bahkan nilai IQ. Orang yang berlatih meditasi dipercaya lebih mampu memecahkan masalah serta mengolah informasi lebih baik karena lebih mampu memusatkan konsentrasi dan tidak mudah terganggu oleh masalah lain.

  • Detoksifikasi tubuh

Yoga juga memiliki manfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh (detoksifikasi). Latihan yoga secara teratur dapat meregangkan otot dan sendi sehingga meningkatkan pasokan darah menjadi optimal. Aliran darah yang sehat akan bermanfaat untuk mengusir racun dan menutrisi sel-sel tubuh. Sel-sel tubuh yang sehat inilah yang akan menunjang kehidupan menjadi lebih bergairah dan bersemangat.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Polusi dan stres yang berkelanjutan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda rentan terhadap penyakit. Yoga dan meditasi dapat dijadikan sebagai terapi yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran. Yoga membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang organ internal dan meningkatkan kinerja sistem limfatik.

Secara keseluruhan, yoga dapat membantu merelaksasi dan menguatkan tubuh serta pikiran. Yoga bukanlah sebuah kepercayaan atau ajaran agama, tetapi lebih kepada cara untuk menjalani kehidupan dengan tenang serta menguatkan jiwa dan raga.

Sumber gambar : pusatterapimodern.wordpress.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here