Manfaat Yoga Untuk Kehidupan Seksual

SehatFresh.com – Manfaat yoga bagi kesehatan tubuh tentunya sudah diketahui banyak orang. Tapi tahukah Anda bahwa latihan ini juga bisa meningkatkan kualitas kehidupan seksual? Tidak hanya meningkatkan gairah seksual tapi juga performa seks secara keseluruhan.

Rajin latihan yoga membuat tubuh lebih lentur dan otot-otot menjadi lebih kuat sehingga memungkinkan mencoba variasi gerakan serta posisi bercinta lebih banyak. Dengan kemampuan bereksplorasi gaya seks maka aktivitas seksual menjadi tidak monoton. Yoga juga bisa menambah sensitivitas terhadap rangsangan dengan menstimulasi peredaran darah di area pelvic terutama bagian genital. Aliran darah lebih lancar akan membuat hasrat seksual juga meningkat. Posisi-posisi yang diterapkan pada latihan yoga juga melatih otot torso dan pelvic Anda.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menyatakan bahwa yoga dapat meningkatkan kehidupan seksual wanita secara signifikan. Bahkan, pengaruh ini lebih tinggi pada wanita di atas 45 tahun. Dalam penelitian ini, wanita berumur 22-55 tahun mengikuti sebuah kursus yoga selama 12 minggu. Setelah kursus, semuanya melaporkan adanya peningkatan kualitas seksual, termasuk meningkatnya gairah, pelumasan, orgasme, kepuasan, dan penurunan rasa sakit. Untuk pria, yoga meningkatkan gairah, kepuasan bersetubuh, gaya, kepercayaan diri, sinkronisasi pasangan, dan orgasme pada peserta yang umurnya berkisar antara 24-60 tahun.

Secara fisik, latihan yoga secara teratur dapat meningkatkan kebugaran, kekuatan otot dan ketahanan. Meningkatnya energi, kekuatan dan kesehatan ikut juga turut meningkatkan kepuasan seksual. Kebugaran juga dapat membuat Anda merasa lebih menarik dan percaya diri saat berhubungan dengan pasangan. Otot panggul yang kuat juga dapat membuat pria tahan lebih lama ejakulasi.

Penelitian yang dilakukan di All India Institute of Medical Sciences di New Delhi, India, menyimpulkan bahwa yoga dapat membantu mengatasi ejakulasi dini dan meningkatkan kepuasan seksual, bahkan pengaruhnya bisa lebih berhasil daripada obat-obatan biasa. Seratus persen dari pelaku yoga menunjukkan perbaikan dalam masalah ejakulasi dini dan kepuasan seksual, dibanding hanya 82 persen dalam kelompok yang mengandalkan obat.

Pada dasarnya, yoga meningkatkan kebebasan fisik dan kedewasaan emosi.Dalam praktek yoga, Anda belajar untuk merasakan sensasi dan emosi yang muncul dalam berbagai postur daripada menghindarinya. Belajar untuk tetap hadir di mana Anda berada, dan Anda tidak harus menyerah padanya. Perlahan-lahan Anda akan merasa lebih nyaman dalam posisi yang rentan, baik saat latihan berdiri terbalik dalam kelas yoga maupun saat mengutarakan keinginan pada pasangan di tempat tidur.

Hubungan Anda akan secara alamiah membaik akibat meningkatnya kesadaran diri dan kemampuan untuk menghormati diri dan orang lain. Kunci utama dari yoga adalah kesadaran. Kesadaran ini melatih diri kita untuk terserap, atau fokus ke apa yang sedang kita lakukan saat ini. Pada saat berhubungan seks, pikiran wanita umumnya memikirkan urusan lain, bahkan ada pula keinginan untuk segera menyelesaikan “permainan”. Saat berhasil fokus ke dalam hubungan seksual tersebut, kita akan mampu untuk mengantarkan diri ke puncak kepuasan.

Sumber gambar : thelimetreeyoga.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY