Manfaat Yoga untuk Redakan PMS

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Para wanita pastinya sudah tak asing dengan yang namanya PMS (premenstrual syndrome), yang sering menjadi keluhan yang gejalanya mulai terasa pada satu minggu sebelum mulai menstruasi. Kondisi ini tak hanya menyebabkan wanita menjadi mudah tersinggung, tapi juga gejala fisik, seperti jerawat, migrain, dan nyeri otot. Sebetulnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir gejala PMS. Salah satunya dengan yoga.

Yoga telah lama diketahui memberikan banyak manfaat kesehatan bagi siapa pun yang rutin melakukannya. Gerakan yoga yang pada dasarnya menggabungkan postur tubuh, teknik pernapasan dan meditasi membuat yoga baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Ternyata, gerakan-gerakan yoga tertentu juga dapat membantu mengurangi sakit karena PMS. Untuk Anda yang setiap bulannya sering tersiksa karena PMS, daripada minum obat, mulai sekarang mulailah berlatih yoga. Berikut pose yoga yang dapat Anda coba:

  • Kapalabhati. Tak sesulit menyebutkan namanya, kapalabhati sebetulnya merupakan pose yang cukup sederhana, yaitu duduk bersila. Pose ini baik untuk melatih sehingga Anda pun akan merasa rileks. Ketika tubuh lebih rileks, otot-otot perut yang tegang pun akan melemas sehingga cukup efektif dalam mengurangi kram perut saat PMS sedang hebat-hebatnya.
  • Pavanamuktasana. Pavanamuktasana baik untuk meringankan masalah pencernaan dan nyeri di area perut. Cara melakukannya, berbaring telentang sempurna di atas matras yoga lalu angkat kepala dan tarik kaki kanan dengan tangan sampai mencium lutut dan lakukan cara yang sama pada kaki kiri. Setelahnya, tarik kedua kaki hingga bersentuhan dengan hidung dan tahan selama 30 detik sambil mengatur napas.
  • Viparita Karani . Viparita Karani ini sama dengan sikap lilin. Pertama, posisikan diri dalam keadaan berbaring, lalu angkat pinggul dan luruskan kaki ke atas. Tahan selama 30 detik dan atur pernapasan. Pose ini baik untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi stres sehingga cukup membantu dalam menangkal beberapa gejala PMS.
  • Paschimottasana. Sederhananya, paschimottasana bisa diartikan pose di mana tubuh membungkuk ke depan. Posisikan kedua kaki lurus dan rapat di atas matras, lalu tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan sambil gerakan telapak tangan perlahan menggapai telapak kaki sampai wajah mencapai lutut sebisa mungkin. Tahan gerakan ini dalam sekitar 1 menit sambil mengatur pernapasan.
  • Janu Sirsasana. Janu sirsasana merupakan gerakan seperti mencium lutut dengan menekuk salah satu kaki ke arah dalam. Pertama, duduklah dengan satu kaki lurus ke depan dan satu kaki ditekuk ke dalam membentuk sudut 90 derajat sampai menyentuh paha kaki lainnya. Setelah itu, gerakkan tangan untuk menggapai bagian kaki yang diluruskan dan gerakan kepala ke bawah hingga menyentuh lutut. Ulangi cara yang sama pada kaki lainnya. Pose ini dapat membantu mengurangi kelelahan dan sakit kepala.

Bagaimana, tak terlalu sulit bukan? Untuk Anda yang baru pertama melakukan pose yoga, tentunya lebih baik mengikuti kelas yoga terlebih dahulu agar mengetahui dasar-dasar dalam melakukan pose yoga. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here