Manfaatkan Sisa Liburan untuk Mempersiapkan Perlengkapan Sekolah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika liburan sudah berakhir, tiba waktunya bagi remaja untuk kembali beraktivitas di sekolah. Berbagai perlengkapan pun harus disiapkan dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu manfaatkan sisa waktu liburan untuk memenuhi berbagai hal yang diperlukan dalam belajar.

Persiapkan peralatan sekolah di minggu terakhir liburan

Tidak dipungkiri jika sebagian remaja beranggapan bahwa masuk sekolah setelah liburan, menjadi aktivitas yang kurang menyenangkan. Padahal kembali menimba ilmu di sekolah merupakan keharusan bagi setiap orang. Ada banyak pengalaman dan manfaat yang bisa didapatkan dari sekolah, sehingga menjadi bekal remaja di kemudian hari.

Dalam memenuhi kebutuhan sekolah, orangtua umumnya memanfaatkan minggu-minggu terakhir masa liburan. Setelah orangtua memenuhi perlengkapan sekolah yang dibutuhkan, setidaknya akan mendukung kelancaran remaja saat masuk di hari pertama.

Perlengkapan sekolah yang dibutuhkan remaja sangatlah beragam, karena tergantung masing-masing mata pelajaran. Beberapa peralatan yang umumnya harus disiapkan adalah buku dan pulpen. Alhasil untuk lebih menghemat pengeluaran, remaja bisa membeli beberapa pack buku dan pulpen untuk digunakan jangka panjang.

Selain itu terdapat pula barang-barang yang mungkin juga diperlukan pada hari pertama masuk sekolah. Misalnya saja seragam sekolah, sepatu, tas punggung, binder dengan kertas bergaris, pensil (HB atau 2B), buku catatan, gunting, kalkulator scientific, kertas grafik, penghapus, serta perangkat USB (flashdisk).

Mempersiapkan peralatan sekolah bersama teman

Pada umumnya sekolah melakukan penerimaan siswa baru dengan sistem rayon, yakni mempertimbangkan jarak tempat tinggal calon siswa baru dengan sekolah. Jika remaja kebetulan mempunyai banyak teman yang tinggal di sekitar rumah, maka ada kemungkinan bersekolah di tempat yang sama.

Alhasil remaja disarankan untuk memperkuat hubungan persahabatan dengan teman-teman di sekitar rumah, khususnya yang bersekolah di tempat yang sama. Luangkan waktu dengan teman-teman untuk bersama-sama membeli perlengkapan sekolah.

Membeli peralatan sekolah bersama teman-teman akan menghadirkan suasana berbeda. Dengan saran dari teman-teman, remaja menjadi lebih faham tentang trend yang sedang berkembang. Kondisi ini tentu memberikan dampak positif, karena hubungan persahabatan menjadi lebih erat.

Jika diperlukan beli peralatan tambahan lainnya yang mendukung

Setelah perlengkapan sekolah dipenuhi, langkah berikutnya adalah mencari informasi mengenai kondisi sekolah. Salah satu hal yang juga sangat penting adalah lokasi dan alat transportasi yang akan digunakan remaja untuk berangkat ke sekolah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan remaja untuk pergi ke sekolah. Bagi remaja yang jarak antara rumah dan sekolah dekat, maka bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Apabila remaja belum memiliki sepeda, maka orangtua bisa membelikannya. Dengan catatan remaja harus memanfaatkan sepeda tersebut untuk hal-hal yang positif.

Namun jika jarak antara rumah dan sekolah jauh, maka remaja lebih aman berangkat ke sekolah diantar orangtua atau naik angkutan umum. Pada minggu-minggu terakhir liburan, remaja bisa berlatih untuk pergi ke sekolah dengan menggunakan angkutan umum. Dengan demikian saat hari pertama masuk sekolah, remaja sudah tidak bingung lagi mengenai bagaimana caranya berangkat ke sekolah. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here