Masalah Kekurangan Asam Lemak Esensial

SehatFresh.com – Tubuh membutuhkan asam lemak esensial agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Asam lemak ini tidak disintesis oleh manusia, sehingga asupannya bersumber dari pola makan harian. Omega-3 dan omega-6 adalah dua asam lemak esensial yang paling dibutuhkan tubuh. Keduanya berlimpah dalam ikan dan minyak ikan, minyak sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian. Keseimbangan yang tepat dari omega-3 dan omega-6 memegang peranan penting dalam fungsi tubuh. Keseimbangan yang tepat dari asam lemak adalah satu bagian omega-3 untuk dua bagian omega-6, demikian menurut Dr Gabe Mirkin, yang menulis “The Healthy Heart Miracle”. Kekurangan satu atau keduanya dapat menyebabkan berbagai masalah baik secara fisik mau pun mental.

  • Masalah kulit, rambut dan kuku

Kesehatan kulit dan rambut secara signifikan dipengaruhi oleh kekurangan asam lemak esensial. Ini dikarenakan asam lemak esensial karena memegang peranan dalam menjaga kesehatan kulit dan membran sel. Kulit dapat menjadi terlalu kering dan bersisik bahkan disertai ruam yang gatal. Benjolan kecil pada kulit mungkin muncul karena penumpukan kulit mati di sekitar folikel rambut. Kekurangan asam lemak juga menyebabkan kuku tumbuh lambat, menjadi rapuh dan mudah patah.

  • Masalah tidur

Kekurangan asam lemak esensial juga bisa menyebabkan masalah tidur. Gangguan tidur termasuk kesulitan untuk tidur di malam hari dan kesulitan bangun di pagi hari. Karena peningkatan kehilangan air, seseorang bisa menjadi lebih rentan terhadap mata kering.

  • Masalah mental

Asam lemak penting untuk fungsi mental yang tepat. Kekurangan asam lemak telah dikaitkan dengan berbagai masalah mental dan emosional. Kekurangan dapat menyebabkan masalah perhatian seperti distractibility (ketidakmampuan untuk mempertahankan perhatian pada satu topik). Individu dengan gangguan ADHD dan spektrum autisme biasanya cenderung kekurangan asam lemak. Perubahan suasana hati, kecemasan dan depresi juga telah dikaitkan dengan kekurangan asam lemak esensial.

  • Masalah pada wanita

Kekurangan asam lemak esensial pada wanita dapat menyebabkan masalah siklus menstruasi yang kerap disertai masalah payudara dan vagina. Kekurangan asam lemak dapat menyebabkan kehilangan air, sehingga pelumasan vagina menjadi tidak memadai. Nyeri payudara sebelum menstruasi dan kram menstruasi dapat menjadi lebih buruk jika seorang wanita kekurangan asam lemak.

Omega-3 dan omega-6 adalah dua jenis asam lemak tak jenuh ganda yang harus dikonsumsi dalam pola makan sehari-hari. Sumber terbaik dari omega-3 adalah minyak ikan, biji flax dan walnut.  Sedangkan omega-6 dapat diperoleh dari telur, daging, minyak tumbuhan, jagung dan biji bunga matahari. Menjaga agar asupan keduanya tetap ideal sangatlah penting agar tubuh terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Sumber gambar : beehw.blogspot.com

NO COMMENTS