Masalah Kesehatan Round Ligament pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Disaat seorang wanita hamil, tak hanya ia yang akan merasakan kebahagiaan karena sebentar lagi tuhan akan menitipkan malaikat kecil-Nya untuk dirawat dan dibesarkan. Tetapi suami, keluarga atau bahkan tetangga dan kerabat akan merasakan semua kebahagian itu.

Namun bagi wanita yang hamil, tidak hanya kebahagian saja yang ia rasakan. Wanita hamil harus merasakan beberapa masalah yang ia lewati selama sembilan bulan tersebut dan harus tetap bersusah payah melindungi calon bayi tersebut.

Masalah yang biasanya dialami adalah mual, muntah atau bahkan yang cukup menyakitkan dan bahaya adalah round ligament. Meski ibu hamil sering merasakan roud ligament, ada yang masih asing dengan istilah yang satu ini.

Round ligament adalah masalah kesehatan yang rentan menyerang ibu hamil. Round ligament pada ibu hamil merupakan suatu keadaan dimana ibu hamil merasakan sakit perut seperti di tusuk-tusuk. Rasa sakit tersebut sangat tajam.

Round ligament pada ibu hamil ini bisa muncul kapan saja. Seperti ketika anda mengubah posisi tubuh waktu tidur, ketika berdiri dari tempat tidur, berdiri dari kursi atau bahkan saat anda batukpun masalah kesehatan ini bisa saja muncul atau aktivitas lainnya.

Rasa sakit saat round ligament menyerang anda, bukan hanya nyeri semata. Sakit yang anda rasakan biasanya akan berasa begitu lama jika anda merasakan round ligament setelah beraktivitas cukup lama. Round ligament juga dapat terjadi dari paha bagian bawah menjalar ke bagian pinggul anda. Jika round ligament terjadi ketika anda beraktivitas. Sebaiknya segera hentikan aktivitas anda dan istirahat sejenak hingga anda merasa lebih baik atau rasa sakit tersebut hilang. Jika dirasa rasa sakit tersebut sudah hilang dan anda mampu melanjutkan aktivitas maka anda diperbolehkan melanjutkan aktivitas sebelumnya dengan perlahan tentunya.

Round ligament yang menyerang ketika anda berbaring, bisa ditangani dengan cara berbaring menyamping dan letakkan bantal pada bagian bawah perut serta di bawah kaki. Agar lebih nyaman, anda bisa melakukan kompres hangat dibagian perut anda. Tetap tenang dan rileks sehingga rasa sakit akan hilang dengan segera.

Meski terdengar biasa dan mudah diatasi, pada beberapa keadaan round ligament yang menkhawatirkan seperti disertai munculnya bercak darah pada celana dalam yang anda kenakan, maka anda patut berhati-hati karena bisa berbahaya. Round ligament yang disertai mual, muntah juga harus segera anda konsultasikan kepada dokter, karena bisa saja keadaan tersebut membahayakan keadaan anda dan janin. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here