Masalah Kesehatan yang Biasa Terjadi saat Berpuasa dan Solusinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bulan ramadhan merupakan bulan istimewa dengan segala manfaatnya. Sehingga hal itu membuat semua umat islam berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah di bulan ramadhan. Karena semangat tersebut terkadang membuat anda lupa akan kesehatan anda sehingga sakit pun menimpa.

Memang baik jika anda berfokus pada beribadah, namun setidaknya sesuaikan juga dengan kesehatan atau kemampuan tubuh anda. Karena tubuh anda sudah mengalami penurunan energi dibanding hari biasanya dimana anda juga mengurangi asupan makanan. Maka kemungkinan terkena penyakit juga ada.

Masalah kesehatan yang bisanya muncul saat berpuasa yaitu seperti:

  1. Sembelit

Ketidakseimbangan komposisi makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka seperti terlalu banyak kandungan karbohidrat dan minum yang sedikit dapat menyebabkan sembelit. Untuk mengatasi sembelit anda sebaiknya minum 8 gelas air per hari serta perbanyak makanan dengan tinggi serat.

  1. Gangguan pencernaan

Selain sembelit, masalah kesehatan lain dalam sistem pencernaan yaitu ketidakyamanan pada perut karena makan yang berlebihan. Solusi untuk masalah ini yaitu makan secukupnya seperti sunah rasullulah yaitu berhenti makan sebelum kenyang dan hindari makanan yang di goreng dan berlemak.

  1. Tekanan darah rendah

Kurang mengonsumsi air dan garam. Selain itu, kurang asupan makanan saat sahur dan berbuka puasa dapat memunculkan masalah tekanan darah rendah pada anda. Sebaiknya untuk mengatasi tekanan darah rendah tingkatkan asupan cairan dan garam. Selain itu, makan yang cukup agar ketahanan tubuh Anda terjaga saat menjalani aktivitas harian.

  1. Sakit kepala

Mungkin sakit kepala terdengar biasa. Tetapi jika ini terjadi saat anda berpuasa maka sangat tidak nyaman. Untuk mengatasinya anda dapat mengurangi asupan kafein dengan meminum teh dibandingkan meminum kopi dan tambah waktu istirahat anda.

  1. Mulas atau maag

Mulas atau maag tersebut terjadi karena adanya peningkatan kadar asam dalam perut yang kosong selama anda berpuasa. Untuk itu hindari semua makanan yang terlalu pedas. Jangan makan secara berlebihan. Atur pola makanan dengan baik, jangan langsung makan besar setelah berbuka puasa. Sebaiknya makanlah beberapa kali, diawali minuman hangat dan makanan manis, seperti kurma saat maghrib. Lalu dilanjutkan makan besar setelah tarawih.

  1. Gula darah rendah

Jika anda merasakan lesu, pusing, kelelahan, kosentrasi menurun, gemetar, sakit kepala serta jantung berdebar. Maka anda perlu berhati-hati. Bisa saja kadar gula darah tubuh anda rendah. Oleh karena itu konsumsi makanan dengan kadar gula yang seimbang dan sehat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here