Masalah Perkembangan Sosial Remaja

SehatFresh.com – Masa remaja adalah masa transisi perkembangan diantara masa kanak-kanak dan dewasa. Ini melibatkan perubahan kepribadian, serta perkembangan fisik, intelektual dan sosial. Selama perubahan ini, remaja dihadapkan dengan banyak masalah. Berikut adalah beberapa isu yang kerap dialami para remaja pada masa perkembangan sosialnya :

  • Kepercayaan diri

Kepercayaan diri  merujuk pada bagaimana seseorang merasa tentang dirinya. Pengembangan citra diri yang positif dan kepercayaan diri yang sehat sangat penting untuk membuat masa peralihan dari anak-anak ke dewasa menjadi sukses tanpa masalah yang berarti.

  • Tekanan teman sebaya

Semakin anak bertumbuh, mereka mulai menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman-temannya dan kurang waktu dengan orang tua mereka. Akibatnya, teman-temannya dapat memengaruhi pemikiran dan perilaku anak. Teman sebaya dapat memberi pengaruh positif, ketika mereka memberikan memotivasi untuk melakukan hal yang positif baik di sekolah, atau untuk terlibat dalam olahraga atau kegiatan positif lainnya. Di sisi lain, teman sebaya dapat menjadi sumber pengaruh negatif, ketika mereka meminta anak untuk coba-coba merokok, minum minuman keras, menggunakan obat-obatan, melakukan seks tidak aman atau perilaku berisiko lainnya.

  • Rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang

Penyalahgunaan obat adalah masalah serius yang dapat menyebabkan konsekuensi serius, bahkan fatal,. Penelitian menunjukkan bahwa hampir 25 persen remaja (usia 12-17) telah menggunakan obat-obatan, dan usia 16 hingga 18 merupakan usia puncak untuk minum dan penyalahgunaan narkoba. Remaja yang orang tuanya secara teratur berkomunikasi dengan mereka tentang bahaya narkoba memiliki penurunan risiko menggunakan tembakau, alkohol dan obat-obatan terlarang.

  • Seks bebas

Meski terkadang dianggap tabu, berbicara seks dengan anak remaja Anda sangatlah penting untuk membantunya mengembangkan sikap yang sehat terhadap seks dan belajar perilaku seksual yang bertanggung jawab. Diskusi tentang seks dengan anak remaja Anda secara terbuka juga memungkinkan Anda untuk memberikan informasi yang akurat. Pasalnya, remaja akan mendapat informasi seks di mana saja. Tapi apa yang mereka cerna mungkin tidak benar, dan mungkin tidak mencerminkan nilai-nilai pribadi, moral dan prinsip-prinsip yang sesuai dengan norma dalam keluarga. Selain itu, remaja juga perlu memahami kemungkinan konsekuensi seks bebas termasuk kehamilan dan penyakit menular seksual, serta dampaknya secara emosional.

  • Tato dan tindik tubuh

Remaja dari setiap generasi memiliki gaya tersendiri sesuai dengan zamannya. Kebanyakan mode remaja tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kerusakan fisik permanen. Sayangnya, di zaman sekarang ini tato dan tindik (body piercing) telah menjadi populer di kalangan remaja. Padahal, kedua hal tersebut bisa menimbulkan kerusakan permanen yang pada gilirannya memengaruhi kesehatan remaja.

  • Depresi

Sangatlah wajar bila sesekali anak remaja Anda merasa tidak bahagia. Namun, ketika ketidakbahagiaan yang berlangsung selama lebih dari dua minggu dan remaja yang mengalami gejala lain yang mencurigakan, maka ia mungkin menderita depresi. Ada banyak alasan mengapa remaja menjadi tidak bahagia. Lingkungan tinggi stres dapat menyebabkan depresi. Remaja dapat mengembangkan perasaan tidak berharga dan tidak mampu atas kinerja sekolah, interaksi sosial, orientasi seksual atau kehidupan keluarga. Seringkali, remaja yang depresi memperlihatkan perubahan yang mencolok dalam pemikiran dan perilaku mereka, kehilangan motivasi atau menjadi menarik diri dari lingkungannya.

Perkembangan sosial remaja sangat penting bagi kehidupan remaja selanjutnya. Pasalnya, perkembangan sosial memengaruhi remaja dalam hubungan sosialnya dengan teman sebaya dan orang tua. Perkembangan sosial ini berhubungan dengan pencarian identitas atau jati diri. Apabila perkembangan sosialnya tidak berhasil dilalui dengan baik, maka besar kemungkinannya mereka akan mengalami kesulitan dalam kehidupan sosial pada masa dewasanya kelak.

Sumber gambar : twobigsister.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY