Masalah Tekanan Darah Rendah

SehatFresh.com – Selain tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah (hipotensi) juga dapat menjadi masalah yang sama seriusnya. Tekanan darah rendah seringkali mengakibatkan pusing atau pingsan ketika berdiri. Ini disebabkan oleh aliran darah ke otak yang kurang memadai. Meskipun tekanan darah bervariasi dari orang ke orang, tekanan darah umumnya menunjukkan pembacaan 90 mmHg tekanan sistolik atau 60 mmHg tekanan diastolik. Tekanan darah rendah dapat diobati, tetapi sangat penting untuk mencari tahu apa yang menyebabkan kondisi penyakit tekanan darah rendah (hipotensi) sehingga bisa diobati dengan benar dan mengurangi risiko komplikasinya.

  • Kehamilan

Kehamilan dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Pembuluh darah akan mengalami pelebaran selama kehamilan. Hal ini menyebabkan penurunan tekanan darah. Pada tahap akhir kehamilan, kompresi pembuluh darah besar di perut seiring pertumbuhan janin dalam rahim juga dapat berkontribusi terhadap tekanan darah rendah.

  • Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab umum tekanan darah rendah. Penyebab umum dari dehidrasi termasuk muntah persisten atau diare, demam tinggi dan kelelahan panas. Pengisian air tubuh dengan cairan oral atau intravena dapat memperbaiki tekanan darah rendah karena dehidrasi. Dehidrasi berat seperti yang terjadi dengan heat stroke atau luka bakar, dapat menyebabkan kondisi yang berpotensi mengancam nyawa yang dikenal sebagai syok hipovolemik. Berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan kerusakan organ permanen karena syok hipovolemik.

  • Masalah jantung

Kondisi jantung tertentu dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Bradikardia atau detak jantung lambat, sering menyebabkan tekanan darah rendah. Katup jantung rusak juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Pada pasien dengan gagal jantung, penurunan kemampuan jantung dalam memompa darah umumnya menyebabkan tekanan darah rendah.

  • Pendarahan berat

Pendarahan hebat sering menyebabkan hipotensi yang dapat menyebabkan syok yang mengancam jiwa. Luka traumatis dengan pendarahan internal atau eksternal yang berat dapat dengan cepat menguras volume darah. Pecah pembuluh darah dan beberapa jenis pendarahan gastrointestinal juga dapat dengan cepat menguras pasokan darah. Pada wanita, kehamilan ektopik, di mana telur yang dibuahi mulai berkembang di luar rahim, dapat menyebabkan pendarahan internal yang akhirnya mengakibatkan syok. Pendarahan hebat membutuhkan perawatan medis darurat untuk memperbaiki sumber pendarahan dan mengganti darah yang hilang.

  • Obat-obatan

Banyak obat dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Jenis obat yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah termasuk water pill, beta blockers, angiotensin converting enzyme inhibitor, calcium channel blockers, trisiklik dan antidepresan tetracyclic, monoamine oxidase inhibitor, obat kejiwaan tertentu, barbiturat dan narkotika penghilang rasa sakit. Karena alkohol juga menyebabkan penurunan tekanan darah, mengonsumsi salah satu obat-obat tersebut dengan alkohol dapat memicu tekanan darah rendah secara drastis.

Sumber gambar : obattensirendah.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY