Masalah Tulang dan Sendi yang Rentan Mengancam Orang-Orang Bertubuh Gemuk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Terlalu kurus dikatakan tidak baik, terlalu gemuk juga tidak baik. Sebaiknya memang memiliki tubuh yang sedang atau ideal. Berbicara tentang tubuh, kini penyakit-penyakit lebih sering mengintai seseorang dengan postur tubuh yang gemuk. Mulai dari penyakit ringan hingga yang kronis.

Menurut dr Ega masalah tulang dan sendipun kini mulai mengancam orang-orang yang bertubuh gemuk. Apalagi bagi orang yang bertubuh gemuk dan jarang melakukan olahraga dan memiliki aktivitas yang tinggi maka akan lebih cepat terancam terkena masalah tulang dan sendi. Hal itu terjadi karena otot-otot tubuhnya tidak terkondisi dengan baik, mudah lelah dan bahkan cedera.

Selain faktor jarang berolahraga, yang membuat orang bertubuh gemuk memiliki masalah tulang dan sendi karena mereka harus menahan beban yang berat dan ditahan bagian tubuh yang menopang yang mana sangat mungkin menyebabkan kerusakan pada sistem muskuloskeletal.

Seperti yang dikatakan oleh Dr Aditya Wahyudi, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi di bidang muskuloskeletal dari klinik Flex free bahwa orang gemuk rentan terhadap banyaknya masalah pada sistem muskuloskeletal atau tulang dan sendi. Khususnya, jika gemuk dibagian berut dapat menyebabkan masalah di tulang belakang. Masalah tulang belakang terjadi karena beban yang ada di perut akan menarik tulang belakang ke depan dan semakin melengkung. Selain tulang belakang, gemuk di bagian perut juga dapat menimbulkan masalah tulang dan sendi di bagian lain seperti merasa sakit yang bisa menjalar ke bagian bokong, paha belakang, hingga betispun juga bisa terkena karena beban yang berat tersebut.

Osteoarthitis atau radang sendi juga bisa terjadi pada anda yang memiliki postur gemuk. Osteoarthitis adalah penyakit yang mengakibatkan rasa nyeri pada bagian sendi akibat rusaknya tulang rawan (tulang yang membuat manusia merasa tidak sakit saat bergerak). Penyakit ini bisa anda lihat pada orang dengan usia lanjut yang memiliki berat badan 90 kilogram dan mereka terlihat susah berjalan. Meski normalnya penyakit ini menyerang  orang-orang yang sudah berusia tua atau dewasa, tapi ada kemungkinan orang muda lebih awal terkena osteoarthitis karena keadaan tertentu seperti halnya terlalu gemuk. Nyeri punggung dan nyeri persedian juga termasuk masalah tulang dan sendi yang akan datang menyerang tubuh anda jika kategori tubuh anda adalah obesitas.

Itulah masalah tulang dan sendi yang rentan mengancam orang-orang bertubuh gemuk. Jika anda dalam kategori seseorang bertubuh gemuk. Hal pertama yang harus anda lakukan agar tidak bermasalah dengan penyakit-penyakit di atas, sebaiknya mulai perbaiki gaya hidup anda menjadi gaya hidup yang sehat mulai sekarang. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here