Masalah yang Muncul Akibat Tidur Berlebihan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seringkali kita mendengar bahwa tidur yang baik adalah tidur dalam porsi cukup. Menurut penelitian, menunjukan bahwa tidur cukup bagi kebanyakan orang antara tujuh sampai delapan jam.

Namun, pernahkah anda mendengar kata hipersomniaHipersomnia merupakan gangguan tidur dengan kriteria tidur berlebihan. Dalam dunia kesehatan, tidur yang berlebihan tidak dianjurkan.

Kelebihan tidur cenderung akan membuat tidur anda terbagi, tidak menyegarkan, dan cenderung membuat kita menjadi emosional. Yang paling penting, kelebihan tidur dapat menganggu acara tidur anda di malam berikutnya. Selain masalah tersebut, masih ada banyak masalah yang timbul akibat tidur berlebihan, meliputi :

  1. Depresi

Depresi nampaknya tidak hanya menyerang seseorang yang kurang tidur. Tetapi bagi orang yang tidur berlebih juga dapat terserang depresi atau dapat meningkatkan tingkat depresi. Terbukti dalam penelitian tahun 2014, bahwa orang yang tidur dalam waktu yang berlebihan dapat menaikan risiko terkena depresi dengan presentase 27% yang durasi tidurnya antara 7 sampai 9 jam, sedangkan orang yang tidur lebih dari 9 jam mencapai 49% berisiko terkena depresi.

  1. Daya ingat menurun

Tidur dengan porsi yang berlebihan bisa membuat fungsi sel-sel dalam otak anda mengalami penurunan. Sehingga anda akan mengalami kesulitan untuk fokus terhadap sesuatu dan lebih parah lagi daya ingat anda akan menurun.

  1. Sakit Kepala

Sakit kepala yang muncul setelah anda terlalu lama tidur terjadi karena  durasi yang lama tersebut mempengaruhi neurotransmitter di otak dimana menyebabkan sakit kepala setelah bangun tidur.

  1. Diabetes

Para ahli mengatakan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam atau bahkan lebih dari 9 jam memiliki risiko 50% lebih besar terkena diabetes. Hal tersebut terjadi karena tidur berlebihan merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh anda.

  1. Penyakit Jantung

Sama halnya dengan diabetes. Orang yang terlalu banyak tidur juga memiliki kemungkinan lebih besar terkena penyakit jantung.

  1. Berat badan naik

Hal yang paling di khawatirkan wanita adalah ketika tubuhnya mengalami kenaikan berat badan. Oleh karena itu hindarilah tidur terlalu banyak, karena berdampak pada berat badan anda. Berkurangnya aktivitas ketika tidur berlebihan dapat mengakibatkan penumpukan lemak dalam tubuh dan tubuh hanya akan membakar sedikit lemak sehingga tubuh anda akan semakin berat.

Bagi anda yang ingin terhindar dari masalah-masalah yang muncul akibat tidur berlebihan. Sebaiknya mulai  dari sekarang rubahlah pola tidur anda menjadi pola tidur yang cukup yaitu antara tujuh sampai delapan jam sehari. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY