Masker Ketumbar untuk Usir Ketombe

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketombe adalah salah satu ‘musuh terbesar’ wanita. Rasanya tak pede jika harus mengenakan baju berwarna gelap. Ketombe yang berguguran saat jatuh di baju tersebut bisa bikin ‘minder’. Lebih mengesalkan lagi, ketombe juga seringkali membuat kulit kepala terasa gatal. Selain itu, ketombe juga akan merusak kecantikan rambut sehingga membuat rambut rontok, rusak, dan bercabang.

Berbicara tengang ketombe, ketombe sendiri merupakan kotoran di rambut yang disebabkan karena kulit kepala yang mengelupas akibat kulit kepala yang kering. Munculnya ketombe ini biasanya diiringi dengan rasa gatal yang luar biasa. Jadi, selain mengganggu aktivitas, ketombe juga sangat mengganggu penampilan. Untuk itu, masalah ketombe harus segera diatasi.

Untuk mengatasi masalah ketombe, ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh. Anda dapat menggunakan sampho anti ketombe. Tapi, hasilnya kerap hanya bersifat sementara. Dengan kata lain, ketombe bisa datang lagi.

Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir. Ada cara ampuh untuk mengatasi ketombe dan mencegahnya datang kembali. Cara tersebut ialah dengan menggunakan masker ketumbar dan minyak kelapa. Memang, sudah banyak produk kecantikan yang diklaim mampu menghilangkan ketombe. Namun cara alami akan lebih aman dan bebas efek samping. Selain itu, Anda tak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk mengatasi masalah rambut yang satu ini.

Bagaimana caranya memanfaatkan ketumbar untuk mengusir ketombe? Yuk kita simak cara ampuh atasi ketombe dengan masker ketumbar.

Pertama kali, Anda harus menyiapkan satu sendok makan ketumbar dan dua sendok makan minyak kelapa. Campurkan kedua bahan menjadi satu. Setelah itu, aduk rata hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pada rambut sambil dipijat hingga meresap ke kulit kepala. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dan keramas hingga bersih.

Manfaat ketumbar untuk mengusir ketombe tak terlepas dari kandungan di dalamnya. Ketumbar mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, Vitamin B1, asam folat, protein, karbohidrat, dan niasin.

Selain mengusir ketombe, biji ketumbar dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit, seperti gatal kulit, eksim, ruam, dan peradangan. Rutin mengonsumsi ketumbar juga akan memperkuat akar rambut.

Di luar masalah rambut dan kulit, ketumbar juga mengandung banyak manfaat. Biji ketumbar kaya akan vitamin A, beta-karoten, asam folat, dan vitamin C. Kombinasi ini mengandung antioksidan kuat yang membantu melawan flu. Biji ketumbar juga dapat membantu menjaga gula darah pada tingkat normal dan mengurangi jumlah kolesterol yang tidak sehat.

Satu lagi, jika Anda mengalami masalah dengan menstruasi, seperti nyeri haid, Anda disarankan untuk menambahkan biji ketumbar dalam menu harian Anda. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY