Mau Jalani Puasa ‘Ringan’ dan Nyaman? Ini Tipsnya!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan bisa begitu ‘berat’. Terlebih di hari-hari awal. Namun, jangan terlalu khawatir. Ada sejumlah tips agar puasa terasa ‘ringan’ dan nyaman.

Asupan dan aktivitas yang Anda lakukan bisa menentukan puasa Anda terasa ‘berat’ atau ‘ringan’. Nah, untuk jelasnya berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar puasa Anda terasa lebih ‘ringan’.

  • Karbohidrat kompleks

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah makan sahur. Saat sahur, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti nasi, nasi merah, ubi, jagung, roti dan lain-lain. Karbohidrat kompleks akan membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama.

  • Serat

Selain karbohidrat kompleks, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat, contohnya sayuran dan buah-buahan. Di samping membuat perut kenyang lebih lama, makanan berserat juga dapat mencegah terjadinya gangguan pencernaan di awal-awal puasa.

  • Protein

Asupan protein juga penting untuk mengatasi perubahan pola makan saat puasa. Asupan yang mengandung protein antara lain daging, telur, ikan dan sebagainya. Protein berguna untuk membuat Anda tetap bersemangat dan tidak lemas dalam menjalankan ibadah puasa.

  • Lemak baik

Asupan lemak juga dibutuhkan saat berpuasa. Namun, bukan sembarang lemak, melainkan lemak baik atau HDL. Lemak baik sangat bermanfaat untuk membantu dalam menyerap nutrisi, menyediakan energi untuk tubuh, menurunkan kolesterol jahat, dan mengurangi risiko serangan jantung.

  • Cairan

Menjalankan puasa rentan terhadap kekurangan cairan. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan kebutuhan cairan dalam tubuh. Perbanyaklah minum air putih ketika sahur dan berbuka.

  • Tidak berlebihan

Saat sahur, jangan mengonsumsi makanan terlalu banyak karena akan membuat energi untuk mencerna makanan menjadi bertambah. Dampak energi yang terkuras untuk mencerna makanan adalah cepat letih dan mengantuk.

  • Makan perlahan

Makan dengan cepat bisa mengganggu kestabilan kadar gula dalam darah. Akibatnya, Anda akan merasa lebih cepat lapar.

  • Akhirkan sahur

Sebaiknya, Anda melakukan sahur di akhir waktu. Sahur di akhir waktu berguna agar energi yang berasal dari makanan akan lebih lama bertahan sehingga Anda lebih segar saat menjalani puasa.

  • Amalan ibadah

Perbanyaklah berbagai amalan ibadah di bulan puasa, seperti salat sunnah, membaca Al Quran, atau berzikir. Amalan-amalan ibadah tersebut akan sejenak melupakan Anda dari rasa lapar dan haus. Di samping itu, melakukan amalan-amalan ibadah tersebut juga dapat menambah pahala serta meningkatkan keimanan Anda.

  • Berolah raga

Berolah raga akan membuat tubuh Anda tetap sehat, bugar, dan kuat menjalankan puasa. Olahraga yang baik saat berpuasa adalah dilakukan waktu menjelang berbuka. Cukup Anda lakukan olahraga ringan selama 10–15 menit.

  • Hindari makanan tertentu

Makanan yang mengandung garam cukup banyak sebaiknya dihindari ketika sahur. Sama halnya dengan garam. Gorengan juga dapat menyebabkan Anda lebih cepat merasa lapar dan dehidrasi. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here